Waskita: Perbaikan 2 Ruas Tol Trans Sumatera Rampung Sebelum Lebaran

Sejumlah kendaraan melintas di jalan tol trans-Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – PT Waskita Karya (Persero) Tbk menargetkan penyelesaian perbaikan dua ruas Tol Trans Sumatera yakni ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dan ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung akan rampung sebelum memasuki Hari Raya Idul Fitri 2022.

Konsolidasi BUMN Karya Ditarget Rampung September 2024, Ini Tujuannya

Director of Operation II Waskita, Bambang Rianto memastikan, tim proyek akan fokus pada bagian ruas tol yang mengalami kerusakan, supaya Standar Pelayanan Minimal (SPM) dari jalan tol tersebut dapat dipenuhi.

"Untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan tol serta menunjang mobilisasi masyarakat pada saat arus mudik lebaran," kata Bambang dalam keterangan tertulis, Senin 7 Maret 2022.

Prabowo Gelar Halal Bihalal Bareng 1.000 Pegawai Kemhan, Begini Pesannya

Foto udara jalan tol Trans Sumatera sesi ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Lampung

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Bambang menjelaskan, seluruh pekerjaan perbaikan permanen pada ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 Km, yang bersifat rigid pavement hingga flexible pavement, direncanakan akan selesai pada April 2022.

Menteri Basuki Ultimatum HK Rampungkan Tol Trans Sumatera Seksi Padang-Sicincin Juli 2024

Ruas tol yang menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ini merupakan salah satu segmen penting dalam menunjang efektivitas dan efisiensi mobilitas masyarakat di Sumatera, terutama menjelang momentum Lebaran.

Selain itu, lanjut Bambang, Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung tahap I sepanjang 42,5 Km, juga akan diperbaiki secara menyeluruh. Ruas tol tersebut dikelola oleh anak usaha Waskita Toll Road, yaitu PT Waskita Sriwijaya Tol (WST).

Dia juga menargetkan untuk menutup seluruh titik-titik lubang sekecil apapun, yang teridentifikasi di ruas tol Kapal Betung itu.

Nantinya, apabila ditemukan lubang baru, maka hal itu akan segera ditutup dengan aspal coldmix baro-baro dari Korea Selatan dalam waktu kurang dari 1x24 jam. 

"Target waktu tersebut melebihi standar pelayanan minimum pemeliharaan jalan tol, yaitu 2x24 jam. Kami optimistis ke depannya ruas Kapal Betung bisa zero lubang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya