Buka Rute Pelayaran Langsung Ekspor ke China, Menhub Budi Pesan Ini

Menhub Budi luncurkan rute pelayaran langsung ekspor ke China.
Sumber :
  • dokumentasi Kemenhub.

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mendorong para pelaku bisnis pelayaran untuk membuka rute internasional secara langsung. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan daya saing logistik Indonesia dengan negara lainnya.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

Adapun pelaku bisnis yang didorong tersebut utamanya ditujukan kepada pemilik kapal (ship owner) atau perusahaan pengiriman (shipping company). Di mana hal tersebut disampaikannya pada peluncuran perdana rute ekspor Indonesia-China.

“Saya mengajak perusahaan pengiriman yang lain juga berani melakukan ekspansi global dengan rute langsung ke negara lain,” ujar Budi di Jakarta, Senin, 14 Maret 2022.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Dampak RCEP Terhadap Ekspor Indonesia, Pelabuhan Tanjung Priok.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Selain itu, pemerintah juga terus berupaya untuk menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai hub logistik. Dan memiliki memiliki mitra usaha pelayaran yang memiliki jaringan luas dan terkoneksi dengan negara-negara lain.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Dengan hal tersebut, diharapkan produk-produk yang dimiliki Indonesia dapat menjelajah dan masuk ke rantai pasok global. Serta dapat meningkatkan daya saing logistik nasional.

“Kita berharap pelayaran di Indonesia akan terus tumbuh dan memberikan kontribusi, khususnya dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dan mendukung kelancaran distribusi logistik ke berbagai negara,” jelasnya.

Budi melanjutkan, dengan kegiatan ekspor perdana tersebut menjadi awal yang baik dan depannya okupansinya semakin maksimal dan semakin banyak negara tujuan ekspor. Seperti negara Korea, Jepang, Eropa, Amerika, dan negara Timur Tengah.

“Kuncinya adalah kolaborasi antara Pemerintah, pelabuhan dan perusahaan pelayaran. Kami siap membantu melakukan lobi internasionalnya. Karena  kalau kita berjalan sendiri-sendiri akan sulit untuk bersaing dengan pemain dunia, tetapi kalau kita kompak akan diapresiasi negara lain,” ungkapnya.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut juga turut hadir CEO PT Meratus Line Farid Belbouab, yang mengajak para pelaku bisnis lain untuk berkolaborasi terlibat dalam kegiatan ekspor bersama.

"Rute baru ini diharapkan dapat membuka prospek baru masa depan yang lebih baik. Terima kasih kepada Pemerintah, mitra dan pelanggan yang telah membantu dalam membuka rute Indonesia-China,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya