Indonesia Terpilih Jadi Tuan Rumah World Water Forum Ke-10 pada 2024

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • PUPR

VIVA – Indonesia secara resmi terpilih sebagai tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 mendatang. Hal itu diputuskan pada WWF ke-9 di Dakar, Senegal, pada Sabtu, 19 Maret 2022.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menjelaskan, terpilihnya Indonesia ini merupakan hasil perolehan 30 suara, dari total 36 suara Dewan Gubernur (board of governors) World Water Council.

Melalui laman Instagram @kemenpupr, Basuki yang didampingi Duta Besar RI Dakar untuk Senegal dan beberapa negara di Afrika, Dindin Wahyudin, mengucapkan terima kasih kepada Presiden dan para anggota Dewan Gubernur World Water Council (WWC), yang telah memilih dan memberikan kepercayaan penuh kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah WWF ke-10.

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Photo :
  • istimewa

"Saya bersama Pak Dubes, berdasarkan pada hasil kunjungan evaluasi, khususnya atas diterimanya tim itu oleh Bapak Presiden menambahkan nilai kita, dan kita mendapatkan vote tiga puluh, sedangkan Itali hanya satu, sedangkan yang lainnya abstain," kata Basuki, dikutip Senin, 21 Maret 2022.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

"Jadi saya kira Alhamdulillah, kita harus kerja keras menjadi host yang baik dibanding yang lain," ujar Basuki.

Menteri Basuki berharap, dengan diadakannya WWF ke-10 tahun 2024 nanti, hal itu dapat menemukan solusi untuk menjawab permasalahan air secara global. "Khususnya memastikan ketersediaan serta pengelolaan air dan sanitasi yang berkelanjutan," ujarnya.

Diketahui, adapun lima kriteria utama yang dilaporkan Tim Seleksi yakni mencakup:

1. Substansi dan Program
2. Kesiapan Logistik (venue) dan aspek Teknis
3. Pengorganisasian Event
4. Komunikasi dan Marketing

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya