Erick Thohir Minta Swasta Bantu Atasi Migor: Jangan Jadi Orang Asing

Menteri BUMN Erick Thohir
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri BUMN Erick Thohir meminta perusahaan swasta ikut serta membantu untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng masyarakat. Erick Thohir menegaskan perusahaan swasta harus membuka hati ikut membantu masyarakat bukan hanya pemerintah.

Zulhas Sebut Eko Patrio Bakal Jadi Calon Menteri

“Jangan menjadi orang Asing, kayanya dari sumber daya alam Indonesia, tetapi ketika rakyat membutuhkan tidak hadir. Jadi saya sangat mengetuk para swasta, ayo bersama-sama dengan BUMN, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, selesaikan masalah minyak goreng,” kata Erick Thohir, Minggu 10 April 2022.

Menteri BUMN Erick Thohir di operasi pasar minyak goreng murah

Photo :
  • Istimewa
Cerita Zulhas Sempat Tolak Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Maunya Erick Thohir

Erick meminta pihak swasta untuk ikut turun membantu masyarakat mengatasi masalah minyak goreng. Menurutnya, pihak swasta yang sudah memanfaatkan pasar dan sumber daya alam ikut memberikan solusi konkret mengatasi tinggi harga minyak goreng.

“Saya sangat mengetuk para swasta juga untuk juga punya komitmen penuh kepada pemberian minyak goreng kepada rakyat karena kita sebagai bangsa Indonesia ini luar biasa, jadi kita harus ingat bahwa kita hidup di Indonesia, kita mendapatkan berkah di Indonesia, jadi ketika ada kesulitan seperti ini para swasta juga harus kembali bertanggung jawab untuk menyelesaikan,” ungkapnya.

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Makin Berkembang

BUMN melalui PT Perkebunan Nusantara kini tengah melakukan operasi pasar murah sekitar 3.7 liter minyak goreng untuk melakukan intervensi pasar. Padahal PTPN sendiri hanya memiliki luas 4 % lahan CPO namun bisa memberikan harga minyak goreng sesuai harapan masyarakat.

“Lalu kita bersama menampung dari petani mungkin jadi 7%, yang mayoritas itu dari swasta. Karena itu saya sejak awal dari beberapa bulan yang lalu saya mengetuk hati swasta. Kalau BUMN saja yang hanya punya 4% melakukan seperempat dari produksinya, yang tidak produksi minyak goreng kita lakukan. Seperempat dari produksinya untuk rakyat,” tegasnya.

Hingga saat ini pemerintah melalui BUMN dan seluruh pihak yang terkait berupaya melakukan berbagai kebijakan untuk menekan laju harga minyak goreng agar lebih terjangkau masyarakat. Erick Thohir pun mengajak dengan tegas kepada swasta dan seluruh pihak yang terkait untuk bergotong royong mengatasi masalah tingginya harga minyak goreng.

“Kita coba lakukan operasi seperti ini bukan tidak lain buat apa-apa, ya kita coba memastikan kehadiran kita sebagai bagian dari pemerintah dan negara. Saya rasa Pak Presiden sudah mengambil kebijakan, begitu juga dengan Pak Menko (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian), Pak Mendag (Menteri Perdagangan). Tinggal kembali ke hatinya kita lagi mau enggak kita melakukan kebersamaan ini, ayo kembali kita gotong royong,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya