Pertamina: Kebakaran Truk Elpiji Tidak Pengaruhi Distribusi di Palu

Elpiji.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – PT Pertamina Patra Niaga mengatakan kebakaran mobil truk pengangkut elpiji di Jalan Manggis Kota Palu pada Sabtu (23/4) petang tidak mempengaruhi proses distribusi di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah.
 
"Proses distribusi aman dan pasokan elpiji di Palu tetap terpenuhi," kata Senior Supervisor Communication and Relation Pertamina Regional Sulawesi Taufiq Kurniawan yang dihubungi dari Palu, Minggu.
 
Saat ini Pertamina sedang melakukan identifikasi penyebab kebakaran tersebut, dan pihaknya juga intensif berkoordinasi dengan kepolisian setempat, termasuk PT Kalco Patra Energi selaku agen resmi akan bertanggung jawab sepenuhnya atas peristiwa tersebut.
 
Selain identifikasi, Pertamina juga mendata kerugian materil  dan nonmateril dari peristiwa tersebut, di laporkan tidak ada korban jiwa.
 
"Kami juga mengapresiasi pemadam kebakaran Kota Palu yang sudah berupaya memadamkan kobaran api," ujar Taufiq.
 
Mobil truk terbakar, katanya, mengangkut 175 tabung bervariasi dari ukuran 5,5 kilogram, 12 kilogram dan tabung 20 kilogram.
 
Ia juga mengimbau, masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan pasokan setelah peristiwa tersebut, karena Pertamina telah menjamin ketersediaan stok terpenuhi selama masa satuan tugas (satgas) di momen Bulan Ramadhan dan lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.
 
"Masyarakat tidak perlu panik. Pertamina sudah melakukan langkah antisipasi dan dipastikan semuanya berjalan lancar," kata Taufiq menambahkan.
 
Secara umum, Pertamina mengalokasikan tambahan elpiji sebanyak 228.516 tabung untuk Provinsi Sulawesi Tengah guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama momen libur lebaran.
 
Sebagaimana alokasi reguler elpiji pada April-Mei 2022 khusus Sulteng, Pertamina menetapkan sebanyak 2.685.120 tabung atau mengalami kenaikan 8,5 persen dari konsumsi normal.
 
"Tabung terbakar hanya sebagian kecil, dan tidak ada elpiji tiga kilogram terbakar. Artinya, stok elpiji bersubsidi dalam dalam keadaan baik," ujar Taufiq. (Ant/Antara)

Pertamina Patra Niaga Raih Penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi

Pensiun dari Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Ingin Jadi Lurah

Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Luthfi mengaku ingin menjadi lurah setelah pensiun dari anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024