Luhut Lega, Elon Musk Tertarik Kerja Sama Bangun Industri Nikel di RI

Menko Luhut dan Elon Musk.
Sumber :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan hasil pertemuannya dengan Elon Musk. Bos Tesla itu tertarik untuk berinvestasi bahan baku baterai di Indonesia.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Luhut bercerita bahwa dia disambut dengan ramah dan bersahabat pada pertemuannya dengan Elon Musk. Komunikasi yang dilakukan ini, lanjut Luhut, bukanlah yang pertama kalinya.

“Komunikasi kami sudah terjalin selama dua tahun belakangan. Selama kurang lebih satu jam, saya menyampaikan potensi bahan baku baterai kendaraan listrik yang saat ini sedang kami eksplorasi terus lewat program hilirisasi mineral,” kata Luhut dalam Instagramnya, Selasa 26 April 2022.

Luhut Wanti-wanti Prabowo Gak Bawa Orang Toxic, Ketum Projo: Itu Nasihat yang Bagus

Coordinating Minister Luhut Pandjaitan with Tesla CEO Elon Musk in Texas USA

Photo :
  • tvOne/Yanri Subekti

Luhut mengatakan, berdasarkan informasi yang diterimanya dari asisten Elon tidak biasanya bos Tesla tersebut menerima tamu seperti kali ini. Di mana Elon dalam menyambut Luhut dan rombongan menunjukkan rasa antusias dan ketertarikan.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh, BI Pede Pertumbuhan Sepanjang 2024 di 5,5 Persen

Melalui hal itu, dia dibuat penasaran mengapa beberapa waktu lalu Elon sedikit kaku dengan beberapa kebijakan terkait industri electric vehicle dan pengolahan nikel di Indonesia. Dan kini, dia menunjukkan semangatnya untuk berinvestasi di dalam negeri.

“Apakah karena cuaca hujan yang baru turun di Texas setelah sekian lama ini membawa berkat tersendiri bagi tim delegasi kami, ataukah memang sosok Presiden @jokowi yang dianggap Elon sebagai salah satu kepala negara yang “reputable” karena terbukti mampu menjaga ekonomi Indonesia tetap stabil meski dalam situasi pandemi ?,” ujar Luhut.

Luhut melanjutkan, paparannya tentang potensi besar industri nikel di Indonesia menjadi hal yang mengubah persepsi Elon. Menurut Luhut, Elon Musk tertarik dengan kerja sama dengan Indonesia untuk garam potensi besar industri nikel.

“Yang paling melegakan bagi saya adalah saat Elon menyampaikan alasan ketertarikannya kepada kerja sama kali ini, yaitu karena paparan saya tentang potensi besar Industri Nikel di Indonesia yang mengubah persepsinya karena ia anggap sangat menjanjikan untuk mampu men-supply bahan baku baterai mobil listrik, yang sangat dibutuhkan oleh Tesla tentunya sebagai salah satu produsen kendaraan listrik ternama,” kata dia.

Dalam waktu yang tidak lama lagi, Luhut melanjutkan, Presiden Joko Widodo juga akan ke Amerika Serikat dan akan bertemu Elon Musk.

“Karenanya, nanti pada tanggal 14 Mei saat kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat, Elon berjanji akan mengubah schedule-nya demi menemui langsung Presiden Jokowi yang juga dijadwalkan akan mengunjungi SpaceX,” ungkapnya.

Selain itu, Luhut turut mengundang Elon untuk datang ke Indonesia dalam forum B20, yang merupakan salah satu rangkaian perhelatan dari Presidensi G20 di Bali pada November mendatang.

“Saya berharap ini bukanlah pertemuan kami yang terakhir dan ke depan akan ada pembahasan terkait progres perkembangan industri nikel di Indonesia. Yang berteknologi tinggi bisa membawa negara kita masuk kepada rantai pasok global industri kendaraan listrik,” terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya