Pintu Bagasi Garuda Terbuka Jelang Terbang, Ini Penjelasaan Dirut

Pesawat Garuda Indonesia
Sumber :
  • Dok. Garuda Indonesia

VIVA – Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra memberikan penjelasan terkait insiden terbukanya pintu bagasi pesawat saat akan lepas landas. Irfan mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan pemeriksaan lanjutan atas temuan kondisi pintu kompartemen kargo pada nomor penerbangan GA 309 Rute Surabaya-Jakarta itu, yang diketahui belum sepenuhnya tertutup.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Hal itu terjadi ketika pesawat akan didorong mundur dari posisi parkirnya (push back) menuju area landasan (taxiway), sebelum lepas landas di Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

Irfan menjelaskan, penerbangan yang terjadwalkan berangkat pada hari Rabu 27 April 2022 pukul 11.25 waktu setempat, telah melakukan prosedur boarding secara normal sesuai dengan standar operasional yang berlaku.

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

"Namun ketika pesawat bersiap untuk pushback, petugas avsec melihat terdapat pintu kompartemen kargo pesawat yang belum tertutup dengan sempurna," kata Irfan kepada media, Kamis 28 April 2022.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.

Photo :
  • VIVA/Anry Dhanniary
Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

"Kondisi itu juga terlihat oleh Pilot melalui indikator di cockpit, yang kembali menyala dan menunjukan kompartemen pintu kargo yang belum tertutup rapat," ujarnya.

Hal tersebut kemudian diteruskan kepada petugas ramp check dan ground handling untuk selanjutnya dilakukan penutupan pintu kompartemen kargo pesawat sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Petugas juga turut melakukan pengecekan berulang dan menyeluruh, guna memastikan seluruh pintu pesawat sudah dalam kondisi tertutup dengan baik sebelum pesawat lepas landas.

Atas temuan ini, Irfan memastikan bahwa Garuda Indonesia tengah melakukan koordinasi dan evaluasi lebih lanjut secara internal maupun bersama stakeholders layanan kebandarudaraan terkait, guna mengoptimalkan langkah dan upaya corrective action untuk mencegah peristiwa serupa terulang kembali.

Adapun penerbangan GA 309 telah mendarat dengan normal dan lancar di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 13.20 waktu setempat.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami penumpang pada penerbangan tersebut," kata Irfan.

"Tentunya peristiwa ini menjadi evaluasi dan catatan penting bagi kami dalam memastikan tata kelola safety pada seluruh lini operasi berjalan dengan maksimal, melalui berbagai inisiatif perbaikan layanan yang akan terus kami optimalkan kedepannya," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, sebuah kabar viral di media sosial yang menampilkan pintu bagasi pesawat Garuda Indonesia terbuka saat hendak lepas landas. Hal itu lantas menjadi perbincangan para netizen, perihal aspek keselamatan dan keamanan dari pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 309 rute Surabaya-Jakarta tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya