Israel vs Iran, Mana Lebih Unggul dalam Perlengkapan Militer?

Iran meluncurkan rudal ke arah Israel
Sumber :
  • tangkapan layar

Jakarta - Ketegangan antara dua negara yaitu Iran dan Israel kini telah saling meluncurkan serangan udara ke berbagai wilayah.

Pendukung Israel Provokasi Mahasiswa Pro Palestina di Universitas California

Pada Sabtu malam lalu, Iran sudah meluncurkan serangan drone ke Israel. Hal itu dilaporkan Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Menurut IDF, gelombang serangan Iran itu membutuhkan waktu berjam-jam untuk mencapai Israel.

Berikut beberapa alutsista dan perlengkapan militer yang dimiliki Iran dan Israel baik di darat, udara serta laut, dilansir Pusat Penelitian Nasional Litchi tahun 2024.:

Kelompok Kemanusiaan Periksa Persenjataan Mematikan yang Belum Meledak di Gaza

- Militer Darat

VIVA Militer: Sistem Peluncur Multi Roket (MLRS) BM-21 Grad militer Rusia

Photo :
  • mint.com
Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Dari segi kekuatan militer Iran di darat, mereka lebih diunggulkan dibandingkan Israel. Iran memiliki 1.996 tank, 65.765 kendaraan lapis baja, 580 artileri self propelled, 2.050 artileri tarik dan 775 peluncur roket.

Sedangkan militer Israel hanya memiliki 1.370 tank, 43.407 kendaraan lapis baja, 650 artileri self propelled, 300 artileri tarik dan 150 peluncur roket.

- Militer Udara

Drone Iran

Photo :
  • Times of Israel

Namun perlengkapan militer udara milik Israel lebih banyak dibandingkan Iran. Kini Israel memiliki 612 pesawat, 241 jet tempur, 39 pesawat tempur khusus, 14 tengker udara, 146 helikopter dan 48 helikopter khusus tempur.

Sedangkan Iran memiliki 551 pesawat, 186 jet tempur, 23 pesawat tempur khusus, 7 tengker udara, 129 helikopter dan 13 helikopter khusus perang.

- Militer Laut

VIVA Militer: Kapal selam tenaga nuklir kelas Vanguard militer Inggris

Photo :
  • thedrive.com

Sementara militer Iran kini unggul dalam perlengkapan laut di antaranya 101 kekuatan armada, 19 kapal selam, 7 Kapal fregat, 3 Korvet, 21 kapal patroli dan Mine Warfare. Serangan Israel hanya memiliki 67 kekuatan armada, 5 kapal selam, 7 korvet dan 45 kapal patroli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya