Harga Bahan Pokok Diprediksi Terus Naik Pasca Lebaran

Pedagang daging sapi di Pasar Slipi Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

VIVA – Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) mengingatkan sejumlah harga bahan pokok akan mengalami kenaikan pasca Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. IKAPPI mengingatkan pemerintah agar mempersiapkan distribusi atau rantai pasok komoditas-komoditas yang masih diserbu masyarakat pasca Idul Fitri.

Kendalikan Inflasi, Kemendagri Harap Pemda Susun Perencanaan Gerakan Menanam dengan Baik

Meski demikian, IKAPPI juga melihat ada beberapa komoditas pangan yang mengalami kenaikan yang sangat tinggi salah satunya yakni daging sapi.
 
Daging sapi selama lima tahun berturut-turut setelah Idul Fitri selalu mengalami kenaikan. Per hari ini, Minggu 1 Mei 2022, daging sapi mencapai Rp164.000 sampai Rp165.000. Harga tersebut berbeda dengan minggu lalu yang hanya mencapai Rp155 ribu per kilo.

Beberapa komuditas lain yang harus diwaspadai akan kenaikan harga adalah beras, bawang merah, bawang putih, telur serta beberapa komoditas lainnya.

Daftar Harga Pangan 6 Mei 2024: Bawang Putih hingga Telur Ayam Naik

IKAPPI meminta kepada pemerintah untuk tetap melakukan pemantauan distribusi walaupun Ramadhan berakhir.

Pasca Idul Fitri biasanya kendala terjadi pada rantai distribusi dikarenakan beberapa pemasok yang libur sehingga pasokan distribusi menjadi terhambat.

Inflasi RI April Capai 3 Persen, BI: Masih Terjaga Sesuai Target 2024

"Kami berharap ini menjadi catatan pemerintah karena biasanya pada tiap tahun terjadi kelalaian pada distribusi sehingga pasokan terhambat. Kita harapkan setelah fase ke tiga pasca Idul Fitri nanti dapat mendorong komuditas agar kembali pulih seperti semula," tulis IKAPPI dalam siaran persnya, Minggu 1 Mei 2022.

Pedagang daging sapi di Pasar.

Daftar Harga Pangan 10 Mei 2024: Bawang Putih hingga Telur Ayam Naik

Harga beberapa komoditas pangan terpantau mengalami kenaikan pada hari ini di momen libur panjang kenaikan Yesus Kristus.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024