Gandeng Pihak Internasional, Ini Cara Kadin Kejar Target Dekarbonisasi

Ketua Penyelenggara B20, Shinta Widjaja Kamdani.
Ketua Penyelenggara B20, Shinta Widjaja Kamdani.
Sumber :
  • Tangkapan layar.

VIVA – Dalam upaya mendorong penerapan environment, social, and good governance (ESG) di kalangan dunia usaha, Kadin Indonesia bersama SwissCham, Eurocham, Britcham, Ekonid, IBAI, dan IFFCCI, menggelar ajang penghargaan 'B20 Sustainability 4.0 Award' sebagai bagian dari gelaran side event B20 Indonesia 2022.

Chair B20 Indonesia, Shinta Kamdani menjelaskan, gelaran penghargaan ini merupakan bagian dari upaya dekarbonisasi dan peningkatan investasi hijau, sebagai bagian dari tujuan B20 sustainability.

Dia menekankan, investasi hijau atau investasi ramah lingkungan yang memfokuskan diri pada aspek-aspek terkait ESG tersebut, merupakan sebuah keharusan dalam menjaga keberlangsungan dunia usaha dan kaitannya dengan upaya-upaya menjaga kelestarian lingkungan di dunia hari ini.

Baca juga: Jokowi Izinkan Warga Lepas Masker di Ruangan Terbuka

"Dengan adanya berbagai perubahan perilaku konsumen, pasar, dan investor, maka penerapan ESG merupakan sebuah keharusan yang mesti sama-sama disinergikan baik oleh para pelaku usaha maupun oleh pihak pemerintah," kata Shinta dalam telekonferensi, Selasa 17 Mei 2022.

Shinta menambahkan, dengan diterapkannya ESG tersebut, maka para pelaku dunia usaha maupun perusahaan-perusahaannya akan mendapatkan nilai tambah tersendiri. Namun, penerapan ESG tersebut tentunya juga membutuhkan integritas dan kinerja yang transparan dalam hal pengelolaan, demi efektifitas dan efisiensi strategi bisnis itu sendiri.

Hal itu diakui Shinta telah menjadi fokus utama yang selalu dikedepankan oleh para investor di seluruh dunia hari ini, sehingga ESG seakan telah menjadi salah satu syarat utama bagi para investor untuk menanamkan modalnya di sebuah entitas bisnis atau perusahaan.