Isu Stagflasi Picu Pelemahan Rupiah ke Level Rp14.458 per Dolar AS

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Rabu pagi 8 Juni 2022, pukul 09.08 WIB. Rupiah melemah sebesar 4 poin atau 0,07 persen ke posisi Rp14.458 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp14.454 per dolar AS.

Rupiah Melemah, OJK Kasih Tips Emak-emak Kelola Keuangan

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp14.464 per dolar AS.

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berpotensi melemah. Hal itu dikarenakan adanya isu stagflasi yang dirilis oleh World Bank.

Rupiah ke Level Rp 16.242 Per Dolar AS Pagi Ini, Ada Harapan Menguat

Baca juga: IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Ini Rekomendasi Saham Pilihannya

“World Bank, dalam laporan riset yang dirilis semalam menyebut bahwa stagflasi karena kenaikan harga akibat perang di Ukraina bisa memicu krisis keuangan di negara berkembang seperti kejadian tahun 1970,” ujar Ariston kepada VIVA, Rabu 8 Juni 2022.

Airlangga Tegaskan Tak Hanya Rupiah yang Melemah, Won hingga Bath Juga Ambruk

Selain itu lanjutnya, World Bank juga menyebut bahwa resesi atau melemahnya perekonomian akan sulit dihindari. Pada 2022 ini, World Bank telah memangkas pertumbuhan ekonomi dunia dari 4,1 persen menjadi 2,9 persen.

“Peringatan dari World Bank ini bisa memberikan sentimen negatif ke nilai tukar emerging market terhadap dolar AS,” jelasnya.

Rupiah Melemah

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Senada dengan World Bank, Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati juga telah memberikan peringatan terkait potensi krisis keuangan akibat kebijakan pengetatan moneter AS. Di mana dari itu Indonesia juga bisa terkena dampaknya.

“Selain itu, isu the Fed yang akan menaikan kembali suku bunga acuan AS secara agresif juga masih menekan nilai tukar lain terhadap dolar AS,” terang Ariston.

Adapun potensi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini ada di arah Rp14.500. Dengan potensi support di Rp14.450.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya