Pertamina Patra Niaga: 60 Persen Rakyat Mampu Ikut Pakai BBM Subsidi

Mobil mewah mengisi BBM Subsidi disalah satu SPBU.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading menyatakan berkomitmen menjalankan penugasan pemerintah dalam menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi kepada masyarakat. 

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Penugasan ini disambut baik dan selalu dilakukan perbaikan sebagai upaya dalam memastikan penyaluran BBM bersubsidi bisa tepat sasaran dan tepat kuota. Dalam hal ini pertamina menerapkan mekanisme baru yakni dengan cara pendaftaran BBM lewat website subsiditepat.mypertamina.id khusus untuk kendaraan roda empat (mobil).

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, penyaluran pertalite maupun solar subsidi masih menghadapi berbagai tantangan. Di antaranya penyaluran yang tidak tepat sasaran di mana pengguna yang seharusnya tidak berhak ikut mengkonsumsi BBM bersubsidi dan ini turut mempengaruhi kuota yang harus dipatuhi Pertamina Patra Niaga selaku badan usaha yang ditugaskan.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

“Sekitar 60 persen masyarakat mampu atau yang masuk dalam golongan terkaya ini mengkonsumsi hampir 80 persen  dari total konsumsi BBM bersubsidi. Sedangkan 40 persen masyarakat rentan dan miskin hanya mengkonsumsi 20 persen dari total subsidi energi tersebut. Jadi diperlukan suatu mekanisme baru, bagaimana subsidi energi ini benar-benar diterima dan dinikmati yang berhak,” ujar Irto Ginting, Jumat, 1 Juli 2022.

Menurut dia, seluruh regulasi mengenai segmentasi pengguna, kuota dan regulasi terkait penyaluran lain sudah tertuang dalam regulasi tersebut. Namun di lapangan masih tidak tepat sasaran juga.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Pertamina Patra Niaga selaku yang ditugaskan juga berinisiatif, memastikan penyaluran di lapangan ini bisa berjalan lebih tepat sasaran dengan uji coba awal pencocokan data berbasis sistem atau digital menggunakan MyPertamina.

Forum bisnis Women in Industry 4.0

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Peran perempuan dalam industri 4.0 jadi bagian dari Business Forum bertema ‘Forging Smart and Sustainable Industry’ dalam gelaran Hannover Messe 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024