Serikat Buruh Berduka, Bos KSPSI Ungkap Jasa Tjahjo Kumolo

Menpan-RB Tjahjo Kumolo.
Menpan-RB Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • Dokumentasi KSPSI.

VIVA – Serikat buruh menyampaikan dukanya yang mendalam atas meninggalnya MenPAN-RB Tjahjo Kumolo siang ini. Dia dinilai memiliki perhatian yang besar kepada para buruh di Indonesia.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mengaku sangat berduka atas berpulangnya Tjahjo. Bagi Andi Gani, sosok Tjahjo sudah dianggapnya seperti kakak dan senior yang sangat rendah hati. 

Andi Gani mengenang Tjahjo seorang tokoh nasional yang sering memotivasi dan peduli dengan kesejahteraan buruh.

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea.

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea.

Photo :
  • Dokumentasi KSPSI.

"Saya masih ingat saat beliau menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) memberikan pengarahan di Kongres KSPSI tahun 2017. Beliau memberikan motivasi agar KSPSI selalu memberikan perlindungan terhadap anggotanya," katanya di Jakarta, Jumat, 1 Juli 2022.

Tak hanya itu lanjut Andi, Tjahjo juga sebagai saat menjabat Mendagri kala itu juga mengeluarkan Surat Edaran (SE) Mendagri yang menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah, agar membuka ruang dialog bersama serikat buruh di masing-masing wilayah.

"Saya menyampaikan turut berduka cita atas wafatnya Mas Tjahjo Kumolo. Semoga amal ibadah beliau diterima oleh-Nya dan seluruh dosanya diampuni," ucapnya.