Rupiah Melemah ke Level Rp15.039 per Dolar AS Pagi Ini

Nilai Tukar Rupiah Dollar
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Jumat pagi 22 Juli 2022. Terpantau pukul 09.11 WIB, rupiah melemah sebesar 3 poin atau 0,01 persen ke posisi Rp15.039 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp15.036 per dolar AS.

Melemah ke Level Rp 16.058 Per Dolar AS, Ada Harapan Rupiah Menguat Hari Ini

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp15.017 per dolar AS.

Analis Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini masih dalam tekanan. Karena pelaku pasar tengah bersiap terhadap kenaikan suku bunga acuan AS pada pekan depan.

Kendalikan Inflasi, Kemendagri Harap Pemda Susun Perencanaan Gerakan Menanam dengan Baik

"The Fed diperkirakan menaikan sebesar 75 basis poin dan mungkin masih akan agresif hingga akhir tahun," ujar Ariston kepada VIVA Bisnis, Jumat 22 Juli 2022.

Ilustrasi tumpukan uang rupiah

Photo :
  • U-Report
Rupiah Menguat Pagi Ini Terdorong Optimisme Ekonomi RI Bakal Tumbuh di Atas 5 Persen

Ariston melanjutkan, di akhir tahun ini potensi suku bunga acuan AS akan menjadi 3 persen. Hal itu dilakukan the Fed untuk menurunkan inflasi AS yang mencetak rekor tertinggi dalam 40 tahun.

Sementara dari dalam negeri, Ariston mengatakan, kebijakan Bank Indonesia (BI) yang mempertahankan tingkat suku bunga acuannya karena inflasi Indonesia masih dalam kisaran target, itu dapat memberikan tekanan ke rupiah.

"Spread suku bunga acuan AS dan BI yang menyempit membuat aset dolar lebih menarik dibandingkan aset rupiah," jelasnya.

Adapun potensi pelemahan rupiah terhadap dolar AS hari ini diperkirakan ada di kisaran Rp15.070. Sedangkan support ada di kisaran Rp15.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya