Rupiah Terus Menguat Meski Dihantui Kebijakan Suku Bunga AS

Karyawati menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta, Minggu (7/6/2020).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Selasa pagi 26 Juli 2022, pukul 09.09 WIB. Rupiah menguat sebesar 30 poin atau 0,19 persen ke posisi Rp14.963 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp14.993 per dolar AS.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp14.992 per dolar AS.

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa
Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Analis Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini masih retan terhadap pelemahan menjelang keputusan suku bunga the Fed pekan ini. Meskipun rupiah berhasil rebound di awal pekan karena peluang resesi di AS.

"Penguatan rupiah yang masih dekat area Rp15.000 mengindikasikan kerentanan pelemahan rupiah terhadap dolar AS. Pasar menunggu arah kebijakan Bank Sentral AS selanjutnya," kata Ariston kepada VIVA,  Selasa 26 Juli 2022. 

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Global Tahun Ini Stagnan pada Level yang Rendah

Ariston melanjutkan, saat ini pasar masih mempertimbangkan the Fed masih akan agresif menaikkan suku bunga acuannya setelah bulan Juli ini. Namun di sisi lain, peluang resesi di AS memicu pelemahan dolar AS terhadap mata uang lainnya.

Mata uang dolar AS (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

"Peluang resesi ini ditandai dengan tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS jangka pendek yang lebih tinggi dibandingkan tingkat imbal hasil obligasi jangka panjangnya. Bila peluang resesi membesar, the Fed akan mengerem kenaikan suku bunga acuannya," jelasnya. 

Adapun potensi pelemahan rupiah terhadap dolar AS hari ini ada di arah Rp15.020. Sedangkan potensi support di kisaran Rp14.970.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya