IHSG Dibayangi Krisis Global, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Layar monitor pergerakan saham dan IHSG
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA Bisnis – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 15 poin atau 0,22 persen di level 7.062, pada pembukaan perdagangan Kamis 4 Agustus 2022.

Kinerja Emiten hingga Pembagian Dividen Topang IHSG Pekan Ini

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, memprediksi bahwa IHSG memiliki potensi untuk bergerak mixed pada perdagangan hari ini.

"Isu soal Kementerian Keuangan yang memperkirakan PNBP dari SDA pada 2022 ini akan melampaui realisasi tahun lalu, yang mencapai Rp149,5 triliun, berpotensi dapat mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini," kata Ratih dalam riset hariannya, Kamis 4 Agustus 2022.

IHSG Dibayangi Tekanan di Akhir Pekan, Cek Rekomendasi Saham Berikut

Baca juga: Stok Pertalite Cuma Cukup 15 Hari Lagi, Ini Kata Pertamina

Sementara dari aspek Mancanegara, Ratih memaparkan data penjualan ritel di kawasan Eropa yang turun ke level 1,2 persen month-to-month, pada Juni 2022. Hal itu tercatat sebagai penurunan terbesar sepanjang tahun ini, menyusul kenaikan 0,4 persen pada Mei 2022.

IHSG Dibayangi Pelemahan Jelang Rilis Inflasi dan PMI Manufaktur

"Penurunan tersebut dipicu oleh harga konsumen serta biaya pinjaman yang tinggi di Eropa," ujar Ratih.

Ilustrasi papan IHSG

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Sementara itu, services PMI Amerika Serikat (AS) juga direvisi lebih tinggi ke level 47,3, pada Juli 2022. Lebih rendah dari level ekspansi 52,7 pada Juni, yang menandakan penurunan paling tajam dalam output AS sejak Mei 2020.

"Pergerakan indeks saham akan berada di kisaran 6.947-7.097," ujarnya.

Selain itu, Ratih juga memberikan sejumlah rekomendasi saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni PGAS, WOOD, BRIS, ASSA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya