Rangkaian Kereta Cepat Dikirim dari China ke Indonesia Hari Ini

Kereta Cepat Jakarta Bandung KCIC.
Sumber :
  • PT KAI

VIVA Bisnis – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengungkapkan bahwa pengiriman rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), telah dilakukan hari ini, Jumat, 5 Agustus 2022 dari China ke Indonesia.

Whoosh Tebar Promo Wisata Sampai 12 Mei 2024, Simak!

Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet menjelaskan, dengan penyelesaian dan pengiriman manufaktur Electric Multiple Unit (EMU) dan Comprehensive Inspection Train (CIT/kereta inspeksi) ini, maka proyek KCJB akan memulai tahapan 'readiness' atau kesiapan.

"Kami harapkan pengiriman EMU dan CIT dari mulai Pelabuhan Tiongkok sampai ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, bisa berjalan dengan lancar," kata Dwiyana dalam telekonferensi, Jumat, 5 Agustus 2022.

BYD Tak Akan Terjun ke Dunia Sepeda Motor

Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet.

Photo :
  • M Yudha P/VIVA.co.id

Dia mengatakan, KCIC ingin memastikan kepada member kontraktor, terutama pihak China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC), agar pengiriman EMU dan CIT ini bisa dikawal.

20,000 Whoosh Tickets Sold on the Ascension of Jesus Christ Holidays

"Terutama terkait dengan pengiriman dari Tanjung Priok ke Stasiun Tegal Luar," ujarnya.

Dwiyana menjelaskan, hal itu harus menjadi perhatian, terutama karena memang prosesnya akan menghadapi medan yang cukup sulit dengan rute melewati jalan darat atau jalan tol. Karenanya, dia pun berharap CRRC dan para pihak terkait lainnya, bisa mengawal perjalanan dari Tanjung Priok sampai Stasiun Tegal luar.

"Agar tidak terjadi kendala-kendala yang tidak diinginkan," kata Dwiyana.

Dia menambahkan, pengiriman perdana EMU dan CIT ini akan menjadi tonggak sejarah. Karena, ini adalah pengiriman pertama kalinya EMU kereta api cepat dari Tiongkok ke luar negeri.

"Dan ini akan menjadi hadiah yang spesial dari kita semua, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, untuk negara Indonesia yang akan merayakan hari kemerdekaan ke-77 pada 17 Agustus 2022," ujarnya.

Kereta cepat.

Photo :
  • Dokumentasi KCIC.

Diketahui, sebanyak 11 rangkaian kereta dan satu CIT telah selesai diproduksi oleh CRRC Sifang, Qingdao, Provinsi Shandong, China, pada awal April 2022. Sebelum dikirim ke Indonesia, kedua belas rangkaian kereta ini dipastikan telah menyelesaikan 'static test' dan 'dynamic test' terlebih dahulu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya