Perekonomian RI Positif Picu Rupiah Menguat Hari Ini

Rupiah Menguat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Selasa pagi 9 Agustus 2022. Terpantau pukul 09.12 WIB rupiah menguat sebesar 11 poin atau 0,02 persen ke posisi Rp14.865 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp14.876 per dolar AS.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp14.915 per dolar AS.

Baca juga: Penguatan IHSG Ditopang Capital Inflow, Cek Rekomendasi Saham Ini

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Analis Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS kemungkinan akan kembali menguat hari ini. Tetapi penguatan ada di posisi terbatas.

"Penguatan rupiah bisa karena sentimen positif pasar terhadap perekonomian Indonesia," kata Ariston kepada VIVA Bisnis, Selasa 9 Agustus 2022.

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Rupiah Menguat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Ariston melanjutkan, saat ini rupiah masih dibayangi oleh ekspektasi Bank Sentral AS yang akan kembali agresif menaikan suku bunga acuannya pada rapat berikutnya.

"Pasar menunggu data inflasi AS bulan Juli yang menjadi alasan the Fed menaikan suku bunganya di Rabu malam. Data yang masih meninggi bakal memperkuat ekspektasi kenaikan agresif tersebut," jelasnya.

Adapun potensi penguatan rupiah terhadap dolar AS hari ini ada di arah Rp14.850. Sedangkan potensi pelemahan di kisaran Rp14.930.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya