Mulai Langka, Harga Pertalite Bakal Naik? Menteri ESDM Buka Suara

Pertalite habis di SPBU di Jabodetabek.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA Bisnis – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif buka suara soal kabar kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. Dia mengakui saat ini pemerintah tengah membahas kemungkinan kenaikan BBM tersebut.

Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite Sesuai Penugasan Pemerintah

Sebab, sampai saat ini Pertalite merupakan salah satu Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP), dengan penentuan harga yang berada di tangan pemerintah.

Mengenai sampai mana proses pembahasan rencana kenaikan harga Pertalite, Arifin mengatakan bahwa prosesnya masih berada dalam pembahasan bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Gas Murah Bagi Industri Bakal Dilanjut, Pemerintah Diminta Perhatikan Keekonomian Sektor Hulu

"(Soal harga Pertalite) lagi dibahas. Masih dikoordinasi di Pak Airlangga (Kemenko Perekonomian)," kata Arifin saat ditemui di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Selasa 16 Agustus 2022.

Menteri ESDM Arifin Tasrif

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya/Tangkapan layar
Konsumsi BBM Skutik Yamaha Fazzio dari Yogyakarta ke Solo Tembus 83 Km/Liter

Saat ditanya kapan keputusan terkait hal itu akan dikeluarkan usai dibahas di Kemenko Perekonomian, Tasrif mengatakan bahwa setidaknya harus ada Peraturan Presiden (Perpres) yang diubah terlebih dahulu.

Dia pun memastikan bahwa kebijakan untuk menaikkan harga BBM seperti ini tentunya membutuhkan waktu pembahasan yang lebih lama, karena menyangkut masyarakat secara luas.

"Kita kan harus ubah Perpres dulu. (Soal kapan waktunya) mudah-mudahan bulan ini, karena kita kan juga harus sosialisasi dulu," ujarnya.

Mulai Langka

BBM Pertalite dikabarkan mulai mengalami kelangkaan dalam beberapa waktu terakhir. Bahkan, pada Senin 8 Agustus 2022 kemarin sempat terjadi kekosongan pasokan Pertalite, di sejumlah SPBU wilayah Bogor, Jawa Barat.

Saat VIVA Bisnis menyambangi salah satu SPBU di wilayah Ciledug, Tangerang, ternyata SPBU tersebut juga tengah kehabisan stok Pertalite. 

Ketika dikonfirmasi ke salah seorang petugas yang enggan disebut namanya, dia mengakui bahwa sejak pagi hari tadi Pertalite memang sudah habis di SPBU tersebut.

"Iya, (Pertalite) kosong dari tadi pagi," kata Petugas tersebut kepada VIVA Bisnis, Selasa 9 Agustus 2022.

Warga antre beli Pertalite di Pom Bensin Pertamina

Photo :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

Dia menjelaskan, pada Sabtu 6 Agustus 2022 akhir pekan lalu SPBU tempatnya bertugas itu juga mengalami kekosongan stok Pertalite. Hingga kemudian pengisian stok melalui mobil tangki dilakukan, pada sekitar Minggu malam. 

Namun pada Senin malam 8 Agustus 2022, stok Pertalite kembali kosong usai habis terjual, dan belum di isi kembali karena masih menunggu kedatangan mobil tangki.

Saat ditanya kapan kiranya mobil tangki pembawa stok Pertalite itu akan datang, petugas itu mengaku tidak mengetahuinya secara pasti.

"Kalau kapannya itu (mobil tangki datang) belum tahu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya