Anggota DPR Berharap Uang Baru Kurangi Kasus Pemalsuan

Penampakan uang baru tahun emisi 2022
Sumber :
  • Bank Indonesia

VIVA Bisnis - Anggota Komisi XI DPR, Charles Meikyansah, mengatakan penerbitan pecahan uang rupiah dengan desain dan inovasi yang baru bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Indonesia menjadi langkah baik untuk semakin menimbulkan rasa nasionalisme dan kecintaan kepada tanah air.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Sulit Dipalsukan

Ia berharap teknologi yang digunakan untuk uang baru itu dapat membuat uang rupiah lebih mudah dikenali keasliannya. Selain itu, agar lebih nyaman dan aman digunakan serta lebih sulit untuk dipalsukan.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

“Inovasi yang ada dalam terbitan uang baru ini kita harap dapat mengurangi kasus-kasus pemalsuan uang,” kata Charles, Kamis, 18 Agustus 2022.

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Baca juga: Penampakan 7 Uang Kertas Baru dari Rp1.000 Sampai Rp50.000

Simbol Pemersatu

Charles menuturkan hadirnya uang baru yang masih penuh dengan nuansa ‘keindonesiaan’ harus dimaknai sebagai simbol pemersatu bangsa. Kemajuan teknologi, termasuk di bidang keuangan dan perbankan, tidak boleh memupuskan rasa cinta mayarakat terhadap rupiah.

Legislator dari Dapil Jawa Timur IV itu pun mendorong Bank Indonesia dan pemerintah menggencarkan sosialisasi dengan adanya uang kertas rupiah baru ini. Menurut Charles, sosialisasi harus dilakukan hingga sampai ke tingkat desa maupun seluruh pelosok negeri sehingga selain mengetahui adanya terbitan uang baru, masyarakat juga dapat memahami uang rupiah terbitan sebelumnya masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Indonesia.

Ilustrasi tumpukan uang rupiah

Photo :
  • U-Report

“Bank Indonesia dan pemerintah perlu mempermudah masyarakat untuk bisa menukarkan uang rupiah dengan memperbanyak titik tempat penukaran uang,” kata Charles.

Uang Kertas Baru

Pemerintah bersama Bank Indonesia yang meluncurkan tujuh uang kertas rupiah baru emisi tahun 2022 bertepatan dengan perayaan HUT RI ke-77.

Adapun uang baru yang diterbitkan terdiri dari pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Uang tahun emisi 2022 tersebut memiliki desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang disebut lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Ilustrasi uang rupiah.

Photo :
  • U-Report

Di dalam setiap lembaran uang rupiah diketahui terdapat berbagai cerita dan narasi mengenai kebangsaan bangsa Indonesia. Uang rupiah kertas tahun emisi 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan.

Ada 8 pahlawan nasional yang terpampang di terbitan uang baru 2022, termasuk pasangan Proklamator RI, Soekarno dan Mohammad Hatta.

Uang baru 2022 saat ini bisa didapatkan di Bank Indonesia atau melalui layanan tukar uang baru secara online dengan aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR). Jika melalui aplikasi PINTAR, masyarakat harus terlebih dahulu melakukan pemesanan dengan sejumlah syarat dan ketentuan yang berlaku.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya