BUMN Ini Sukses Kembangkan UMKM Masyarakat Pesisir

Batik Madura
Sumber :
  • ceritakain.com

VIVA Bisnis –  PT Indra Karya (Persero) sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), berhasil melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat pesisir dengan menggelar Program Ekonomi Kreatif Masyarakat Pesisir (PRO-AKSI).

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Direktur PT Indra Karya, Eko Budiono menjelaskan, program kolaborasi dari 21 BUMN di Madura ini terdiri dari Program Pembangunan Apartemen Kepiting dan Pelatihan, serta Pengembangan UMKM ini. Dengan melibatkan 62 Petani dan Pelaku Usaha UMKM Batik Madura, program dilaksanakan melalui 5 Paket Bentuk Program Vokasi Life Skill dan 2000 box yang disusun layaknya apartemen.

"Dengan melaksanakan pembinaan bagi pelaku UMKM dan BUMDes, mereka bisa menganalisa kekuatan dan kelemahan dari usaha yang dijalankan," kata Eko dalam keterangannya, Selasa 30 Agustus 2022.

Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi

Baca juga: Besok Hari Terakhir Beli Pertalite Secara Bebas? Ini Kata Pertamina

Selain itu, para peserta program juga akan mampu menciptakan lapangan kerja dan mendukung upaya penanggulangan kemiskinan, serta membekali mindset kewirausahaan bagi BUMDes. "Agar dapat menjadi organisasi profit yang mandiri dan memiliki value yang besar," ujarnya.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Modern dan Tradisional dalam Sembilan Inspirasi Busana

Kegiatan ini bertujuan untuk memonitoring perkembangan kualitas dan kapabilitas anggota BUMDes, dan membekali pengelolaan sumber daya manusia. Dengan beberapa tahapan, PRO-AKSI ini mampu meningkatkan pendapatan UMKM minimal sebesar 200 persen setelah pelaksanaan.

Pengemasan budidaya kepiting dengan apartemen ini memaksimalkan penyimpanan ruang lahan pembudidayaan. Awalnya kegiatan ini dilakukan dengan tambak yang memakan banyak lahan, hingga dapat dipangkas menjadi satu bangunan seluas 80 meter kubik dengan total berat hasil pembudidayaan sebesar 6 ton per tiga bulan.

Batik Madura

Photo :
  • ceritakain.com

Dengan capaian dan Raihan tersebut, Indra Karya pun kembali meraih penghargaan pada kategori Pemberdayaan Ekonomi Komunitas melalui Program Ekonomi Kreatif Masyarakat Pesisir (PRO-AKSI) dalam ajang NCSR Award 2022 yang diselenggarakan oleh La Tofi School of Social Responsibility.

Penghargaan ini diberikan atas komitmen Indra Karya memberikan kontribusi dalam membangun kualitas hidup masyarakat dan lingkungan, sekaligus mendukung percepatan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Eko pun menyambut antusias pencapaian pada ajang bergengsi tersebut. Hal ini menurutnya merupakan bentuk apresiasi atas keberhasilan Indra Karya, dalam menjalankan program TJSL yang berkelanjutan dengan menekankan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

"Alhamdulillah kami mendapatkan penghargaan melalui Program Ekonomi Kreatif Masyarakat Pesisir (PRO-AKSI). Program ini berjalan tidak terlepas dari dukungan Kementerian BUMN dan kolaborasi BUMN lain, yang berkolaborasi memberikan kontribusi nyata melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat di desa," ujar Eko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya