Minta Buka Pabrik Nike di Lampung, Zulhas: Saya Carikan Mitranya

Mendag Zulhas di Pabrik Sepatu Nike Tangerang.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Bisnis – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas, meminta kepada PT Nike Indonesia untuk membangun satu pabrik sepatu di pulau Sumatera atau tepatnya di Provinsi Lampung. Bahkan dia siap untuk mencarikan mitra jika Nike bersedia membangun pabrik.

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

Zulhas mengatakan kepada Managing Director Nike Indonesia Joseph Warren, hingga saat ini pabrik Nike hanya terpusat di pulau Jawa. Dalam hal ini ada di Sukabumi, Plered, dan Garut.

"Tadi saya tanya kok di Jawa semua? Sumatera belum ada. Mister Joseph, Jawa semua Sumatera itu Lampung sampai Medan," kata Zulhas di Serpong, Tangerang, Selasa 13 September 2022.

Mendag Sebut Revisi Kebijakan Impor Rampung Pekan Ini, Simak Ketentuannya

Baca juga: Unggul di Pasar Eropa, Mendag: Vietnam Bebas Pajak Kita Nggak

Zulhas mengakui, penduduk di pulau Sumatera masih jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan pulau Jawa. Bahkan menurutnya, penduduk Jawa Barat jauh lebih besar dibandingkan penduduk Sumatera.

Peringati Hari Konsumen Nasional, Mendag Zulhas: Pengusaha Curang Membunuh Usahanya Sendiri

"Sumatera itu penduduknya masih kalah sama Jawa Barat, Lampung itu 10 juta, Sumatera Selatan itu 7 juta hingga 8 juta, Sumatera Utara yang paling besar. Jadi Sumatera itu kira-kira 30 juta jumlahnya dari ujung ke ujung," ujarnya.

Meski begitu, Zulhas mengatakan, gaji para pekerja di Sumatera jauh lebih murah bila dibandingkan dengan pekerja di pulau Jawa.

Mendag Zulkifli Hasan hadiri ekspor sepatu ke Eropa.

Photo :
  • VIVA/Sherly

"Saya kira perlu juga dipikirkan agar Sumatera itu bisa ada satu pabrik. Dan di Sumatera murah upahnya, upah tenaga kerjanya UMR-nya lebih murah dari Jawa, di bawah US$2 ribu," jelasnya.

"Nah yang paling dekat Lampung Pak, jadi kalau bisa buka di Lampung karena itu kampung Saya. Saya dukung kalau buka di lampung. Kalau perlu mitra nanti Saya carikan mitranya di sana," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya