OJK Rilis 3 Aturan Baru Guna Perkuat Pasar Modal RI, Ini Rinciannya

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Sumber :
  • VIVA/Andry Daud

VIVA Bisnis – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan tiga peraturan baru pada industri pasar modal. Tiga peraturan itu ditujukan untuk mewujudkan terciptanya kegiatan yang teratur, wajar, efisien, serta melindungi kepentingan pemodal dan masyarakat.

Direktur Hubungan Masyarakat OJK Darmansyah mengatakan, ketiga peraturan baru yaitu Peraturan OJK (POJK) Nomor 14/POJK.04/2022 tentang Penyampaian Laporan Keuangan Berkala Emiten atau Perusahaan Publik, POJK Nomor 15/POJK.04/2022 tentang Pemecahan Saham dan Penggabungan Saham oleh Perusahaan Terbuka. Serta POJK Nomor 17/POJK.04/2022 tentang Pedoman Perilaku Manajer Investasi.

Ilustrasi investor pasar modal.

Ilustrasi investor pasar modal.

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

"POJK Nomor 14/POJK.04/2022 merupakan ketentuan penyempurnaan dari Peraturan Bapepam Nomor  X.K.2, tentang Penyampaian Laporan Keuangan Berkala Emiten atau Perusahaan Publik," kata Darmansyah dalam keterangan, Rabu, 21 September 2022.

Kemudian Lampiran Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Nomor: Kep-346/BL/2011 tanggal 5 Juli 2011 tentang Penyampaian Laporan Keuangan Berkala Emiten atau Perusahaan Publik yang telah disesuaikan dengan perkembangan kebijakan OJK. Serta, memperhatikan praktik terbaik di Pasar Modal (best practices), kebutuhan pasar dan standar internasional.

Untuk ketentuan penyampaian Laporan Berkala Emiten atau Perusahaan Publik ini ditegaskan sangat penting. Karena berperan dalam pengambilan keputusan pemegang saham, khususnya pemegang saham publik.

Dengan tersedianya laporan keuangan yang lebih cepat kepada pemegang saham publik. Diharapkan, akan membantu pemegang saham publik untuk dapat mengambil keputusan investasinya dengan tepat.

Halaman Selanjutnya
img_title