Erick Thohir: 70 Persen PMN ke BUMN Adalah untuk Penugasan

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dok. BUMN

VIVA Bisnis – Penyertaan Modal Negara (PMN) bagi sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) pada 2023, mencapai Rp 41,32 triliun.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, sekitar 70 persen PMN adalah untuk penugasan penyelesaian proyek negara bagi kepentingan publik. Sedangkan 30 persennya untuk pengembangan dan restrukturisasi BUMN.

"Suntikan dana di BUMN itu mayoritas untuk penugasan. Terkadang ada persepsi seakan-akan BUMN tidak sehat, padahal PMN lebih dari 70 persen itu untuk penugasan, dan sisanya untuk pengembangan dan restrukturisasi," kata Erick, Rabu 28 September 2022.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

Baca juga: Bela Sambo, Febri Diansyah Ngaku Sudah Diskusi dengan 5 Ahli Hukum

Erick menjelaskan, PMN untuk penugasan digunakan bagi penyelesaian proyek infrastruktur. Namun, Erick menegaskan bahwa penugasan penyelesaian proyek infrastruktur tidak bisa langsung dapat untung.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

"Soal infrastruktur ini kita harus punya persepsi yang sama. Karena membangun infrastruktur itu tidak seperti membangun retail yang bisa langsung dapat income. Return of Investment (ROI) itu bisa tiga tahun," ujarnya.

Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Photo :
  • VIVA/Andry Daud

Karenanya, Erick menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur bukanlah pemborosan anggaran. Misalnya seperti pembangunan jalan tol, yang bisa menumbuhkan ekonomi baru bagi lingkungan di sekitarnya.

"Konteksnya harus sama, di mana kalau pembangunan infrastruktur itu cash flow positifnya 7-8 Tahun. Jadi jangan kira pembangunan infrastruktur itu cuma pemborosan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya