Menguat Pagi Ini, Rupiah Dihantui Sentimen Pasar Keuangan Global

Uang dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Jumat pagi, 30 September 2022. Terpantau pukul 09.17 WIB rupiah menguat sebesar 46 poin atau 0,36 persen ke posisi Rp 15.216 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.262 per dolar AS.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.247 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berpotensi melemah hari ini. Hal itu karena sentimen pasar terhadap aset berisiko terlihat negatif karena turunnya indeks saham global. 

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

"Dan pagi ini indeks saham Asia juga terlhat negatif, sentimen negatif ini mungkin karena isu resesi yang diakibatkan lingkungan suku bunga dan inflasi yang tinggi. Ini bisa membebani rupiah hari ini," kata Ariston kepada VIVA, Jumat, 30 September 2022.

Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Namun di sisi lain Ariston mengatakan, dolar AS terlihat sedang berkonsolidasi. Di mana dolar AS bergerak melemah terhadap mata uang utama dunia.

"Pelemahan dolar AS ini mungkin juga karena imbas kekhawatiran resesi di AS. Ini mungkin bisa menahan pelemahan rupiah tidak terlalu jauh," ujarnya.

Rupiah Menguat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Adapun potensi pelemahan rupiah terhadap dolar AS ada di arah Rp 15.280-Rp 15.300. Sedngkan support di kisaran Rp 15.200-Rp 15.220.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya