Sinar Mas Bangun Ekosistem Bisnis Dongkrak UMKM Naik Kelas

Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • istimewa.

VIVA Bisnis – Kamar Dagang dan Industri Nasional (Kadin) Indonesia mendukung penuh upaya Pemerintah mendongkrak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk naik kelas.

Koordinator Wakil Ketua Umum II Bidang Perekonomian Kadin, Franky O Widjaja mengatakan, dukungan itu dilakukan belajar dari formula keberhasilan terdahulu, mengadopsi kiat keberhasilan negara lain, hingga menggandeng lintas pihak untuk membangun ekosistemnya.

“Sektor usaha memadukan inisiatif yang selama ini efektif memberdayakan perekonomian masyarakat, seperti skema Inclusive Closed Loop Flying Wheel, dengan modul dari berbagai negara yang berhasil menjadikan UMKM sebagai kekuatan ekonomi mereka,” ujarnya dalam diskusi, eksebisi dan peluncuran ‘Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas’ di Smesco, Jakarta, dikutip, Selasa, 4 Oktober 2022.

Waketum Kadin Bidang Agribisnis, Pangan dan Kehutanan Franky O. Widjaja.

Waketum Kadin Bidang Agribisnis, Pangan dan Kehutanan Franky O. Widjaja.

Photo :
  • VIVAnews/Fikri Halim

Dalam gelaran tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan tantangan pemulihan ekonomi dunia jelang meredanya pandemi. Yaitu, ancaman krisis finansial, energi serta pangan. 

“Kuncinya kita semua harus kompak, bersinergi, dan memiliki perasaan yang sama karena yang kita hadapi adalah sebuah tantangan yang tidak mudah. Perlu yang namanya Indonesia Incorporated. Yang besar, yang menengah, yang kecil, semuanya bekerjasama dan berkolaborasi menyelesaikan persoalan secara konkret dan nyata,” kata Jokowi. 

Saat bertemu dengan pembudidaya madu hutan dari Jambi, binaan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, Jokowi pun mengingatkan pentingnya keterlibatan korporasi dalam bina lingkungan. Hal itu harus jadi perhatian.