Arcandra Bongkar 'Rahasia' Singapura Bisa Jadi Pusat Perdagangan Minyak Dunia

Singapura
Sumber :
  • unsplash,com

VIVA Bisnis – Mantan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar membongkar 'rahasia' Singapura bisa jadi pusat perdagangan minyak dunia. Bahkan, terbentuknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di konsumen, salah satu titik pentingnya adalah Singapura.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

"Salah satu titik penting dari alur ini adalah Singapura sebagai pusat perdangangan minyak dunia (oil trading hub). Lantas, kenapa Singapura bisa menjadi tempat berkumpulnya penjual dan pembeli (trader) minyak dunia?," tulis Arcandra dikutip dalam unggahan di media sosialnya, Sabtu, 15 Oktober 2022.

Berdasarkan sejarah, Arcandra menjelaskan, sebelum merdeka pada tahun 1965, Singapura sudah dipilih oleh perusahaan minyak Shell Belanda menjadi pusat distribusi BBM di kawasan Asia.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal Dunia

"Shell membangun tempat penyimpanan (storage), pencampuran (blending) dan pengisian BBM (bunkering) untuk kapal-kapal yang lewat selat Malaka dan sekitarnya. Secara geografis letak Singapura memang sangat strategis. Kapal-kapal yang berlayar dari Eropa dengan tujuan Asia Timur akan melintasi Singapura," paparnya.

Mantan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Sebenarnya, lanjut Arcandra, sebagai pusat distribusi BBM, peran Singapura sebagai penyedia storage, blending dan bunkering sudah cukup untuk menarik kapal-kapal yang lewat untuk singgah. 

"Namun, satu peran yang tercecer untuk mendapatkan nilai tambah yang optimal adalah belum adanya kilang minyak (refinery). Maka dari tahun 1961 sampai 1973 Singapura membangun 5 refinery sekaligus," katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan minyak mentah yang diolah oleh refinery, Singapura mendatangkannya dari negara negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Kuwait, UAE dan Qatar.

"Setelah diolah oleh refinery, BBM yang dihasilkan dijual ke negara-negara sekitar seperti Jepang, Hongkong, China, Australia dan Indonesia," katanya.

Faktor Singapura Bisa Bangun 5 Kilang Minyak Dalam 12 Tahun

Ilustrasi kilang minyak.

Photo :
  • Antara/ Aguk Sudarmojo

Arcandra menjelaskan bagaimana Singapura bisa membangun 5 refinery dalam kurun waktu 12 tahun. Banyak faktor yang saling mendukung pada waktu itu sehingga 5 kilang dapat terbangun dengan cepat. Beberapa di antaranya berkaitan dengan kejelian Singapura dalam melihat peluang di kawasan Asia.

"Jepang membutuhkan BBM yang sangat besar untuk menunjang kegiatan ekonomi yang sedang booming setelah perang dunia kedua. Pasukan Amerika Serikat (AS) yang lagi bertempur dengan Vietnam membutuhkan BBM yang sangat besar. Bayangkan lebih dari 20 persen BBM yang dihasilkan refinery di Singapura ini dibeli oleh pasukan AS," katanya.

Menurut Arcandra, permintaan saja tidak cukup untuk mempercepat pembangunan kilang di Singapura. Yang menjadi kunci utamanya adalah adanya insentif pajak yang diberikan negara kepada investor yang membangun kilang ini.

"Apa saja insentif pajak tersebut? Negara membebaskan pajak selama 5 tahun pertama beroperasi. Pelaku usaha tentu paham dengan manfaat insentif pajak ini. Salah satunya adalah pengembalian modal akan jauh lebih cepat sehingga keekonomian proyek menjadi sangat baik," kata dia.

Pusat Perdagangan BBM di Singapura dan Hubungannya dengan Jepang

Arcandra melanjutkan, setelah semua peran sebagai pusat distribusi BBM di Asia tercapai dan terjadi beberapa kali harga minyak yang jatuh dalam, Singapura melihat peluang lain untuk memajukan sektor energi mereka. Singapura membangun pusat perdagangan minyak dunia di Singapura.

"Sampai pertengahan tahu 1980-an, pusat perdagangan BBM sudah terbentuk di Singapura. Namun pusat perdagangan minyak mentah (crude) masih dipegang oleh Tokyo. Dengan tingginya biaya untuk berbisnis di Tokyo waktu itu dan diperparah oleh sulitnya mendapatkan likuiditas (uang) dari Bank, maka pusat perdagangan minyak mentah perlahan berpindah ke Singapura," paparnya.

Menurut Arcandra, ada beberapa hal lain yang mempercepat penyatuan dua pusat perdagangan tersebut.

"Yang paling utama adalah campur tangan pemerintah Singapura untuk kembali memberikan insentif pajak. Apa itu? Aktivitas perdagangan minyak dan BBM hanya dikenakan pajak 10%. Dengan kebijakan ini, ditambah dengan kemudahan dan kepastian berusaha maka berbondong-bondonglah trader pindah ke Singapura," ujar Komisaris Utama PT PGN itu.

Kesulitan dalam hal likuiditas di Tokyo, lanjut Arcandra, mampu dicarikan jalan keluarnya di Singapura.

"Di sini terlihat campur tangan pemerintah Singapura menjadi kunci utama dalam pembangunan sektor energi. Pemerintah jeli melihat peluang dan mengeksekusi dengan baik lewat kebijakan yang tepat," katanya.

Untuk itu, Arcandra menjelaskan, kesuksesan kebijakan di satu sektor tergantung juga dari dukungan dari sektor lain terutama sektor keuangan dan perpajakan. 

"Indahnya sebuah sinergi. Dari ekosistem yang terbentuk di bidang perdagangan minyak dan BBM, lahirlah pusat perdagangan komoditi lain seperti bahan tambang dan mineral. Selanjutnya kita menjadi saksi, tumbuhlah Singapura menjadi pusat industri keuangan, IT dan pendidikan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya