8 BUMN Ini Sepakat Akselerasi Capai Target Penurunan Emisi Karbon

Perusahaan BUMN sepakat akselerasi target penurunan emisi karbon.
Perusahaan BUMN sepakat akselerasi target penurunan emisi karbon.
Sumber :
  • Dok. Semen Indonesia

VIVA Bisnis – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berkolaborasi bersama tujuh perusahaan BUMN dalam akselerasi penurunan target emisi karbon. Delapan perusahaan pelat merah itu menandatangani Letter of Intent (LoI) tentang Proyek Pilot Perdagangan Karbon dalam Voluntary Carbon Market Kementerian BUMN (VCM BUMN).

Ketujuh BUMN tersebut yakni PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Pertamina (Persero), Perum Perhutani, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero), PT Perkabunan Nusantara III (Persero), dan Pupuk Indonesia (Persero).

Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan, penandatanganan LoI VCM BUMN ini dimaksudkan untuk mendukung pembentukan kapabilitas, dan proyek pilot perdagangan karbon di lingkungan BUMN.

"Tentunya dengan memperhatikan aspek-aspek teknis, keekonomian, regulasi, serta ketentuan lainnya yang berlaku," kata Donny dalam keterangannya, Kamis 20 Oktober 2022.

Ilustrasi karbon

Ilustrasi karbon

Photo :
  • ANTARA

Donny mengatakan, melalui sinergitas antar BUMN, SIG yakin dapat mengakselerasi upaya-upaya untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Apalagi, menurutnya SIG juga telah melakukan sejumlah inisiatif dalam upaya dekarbonisasi.

Di antaranya yakni seperti penurunan clinker factor, inovasi teknologi, penggunaan bahan bakar alternatif melalui Refused Derived Fuel (RDF) dan penggunaan panel surya, serta pemanfaatan bahan baku alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Halaman Selanjutnya
img_title