Genjot Kewirausahaan di 8 Desa Wisata Kawasan Danau Toba, Begini Strategi Kemenparekraf

Kawasan Wisata Danau Toba
Kawasan Wisata Danau Toba
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVA Bisnis – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali menggelar pelatihan bagi pelaku pariwisata dalam rangkaian Program Kampanye Sadar Wisata 5.0. 

Setelah menyelesaikan seri pelatihan berupa pengembangan inovasi produk dan kapasitas bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, pelatihan dilanjutkan dengan pengembangan kewirausahaan desa wisata. 

Pelatihan menyasar pelaku pariwisata yang berasal dari 8 Desa Wisata di sekitar Destinasi Super Prioritas Danau Toba. yaitu: Desa Wisata Silalahi Pagar Batu, Desa Wisata Lumban Silintong, Desa Wisata Siboruon (Kabupaten Toba), Desa Wisata Papande, Desa Wisata Aritonang, dan Desa Wisata Sibandang (Kabupaten Tapanuli Utara) serta Desa Wisata Merek, dan Desa Wisata Tongging (Kabupaten Karo).

Pelatihan bagi pelaku pariwisata di Kawasan Danau Toba untuk tahap pertama berlangsung 8-13 November 2022, dibuka secara langsung oleh Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Martini Mohamad Paham.

Presiden Joko Widodo meresmikan 7 pelabuhan di kawasan Danau Toba.

Presiden Joko Widodo meresmikan 7 pelabuhan di kawasan Danau Toba.

Photo :
  • Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden

“Melalui pelatihan ini peserta yang merupakan penggerak pariwisata di desa masing-masing akan dilatih menjadi wirausaha yang andal melalui empat materi pembelajaran meliputi Manajemen SDM, Digital Marketing, Digital Keuangan, dan Business Plan,” papar wanita yang akrab dipanggil Diah, dikutip dari keterangannya, Jumat, 11 November 2022.

Diah menjabarkan, usai menuntaskan pelatihan, lanjutnya, peserta akan diminta menyusun proposal program pengembangan pariwisata di desa masing-masing. Mereka juga akan mendapatkan pendampingan dari para master trainer.

Halaman Selanjutnya
img_title