ASEAN 5 Jalin Konektivitas Pembayaran Regional, Jokowi Minta Diperluas ke Tingkat Global

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Bisnis – Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa agenda transformasi digital di sektor keuangan, merupakan prioritas bersama bagi negara-negara di seluruh dunia khususnya di regional ASEAN.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Hal itu diutarakannya dalam sambutan di acara seremoni Penandatanganan Kesepakatan 'Regional Payment Connectivity', antara lima bank sentral negara-negara ASEAN 5 yakni Filipina, Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Thailand.

"Ini adalah salah satu kunci ekonomi berkelanjutan, yang sangat bermanfaat bagi pemulihan ekonomi agar lebih kuat, inklusif, dan kolaboratif," kata Jokowi dalam telekonferensi, Senin 14 November 2022.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Presiden Joko Widodo.

Photo :
  • istimewa.

Presiden menambahkan, di Indonesia sendiri, guna mempercepat transformasi telah dilakukan berbagai langkah-langkah terobosan sistem pembayaran. Misalnya yakni melalui pengembangan QRIS, BI Fast, dan SNAP, serta tim percepatan perluasan digitalisasi daerah untuk mempercepat digitalisasi transaksi pemerintah.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Dengan upaya-upaya ini, Jokowi menilai bahwa ASEAN telah selangkah lebih maju dibandingkan negara-negara lain, terutama dalam implementasi interkoneksi pembayaran lintas batas.

"Seperti misalnya kerja sama QR Cross Border antara Indonesia dan Thailand, serta interkoneksi fast payment antara Singapura dan Thailand," ujar Jokowi.

Presiden mengatakan, sudah saatnya kerja sama semacam ini diformalkan dalam regional payment connectivity, sebagai wujud konkret dari implementasi G20 Roadmap for Enhancing Cross Border Payment. Jokowi bahkan mendukung agar kedepannya langkah ini bisa lebih diperluas lagi sampai ke tingkat global.

"Saya mendukung inisiatif regional payment connectivity ini terus diperluas hingga ke tingkat global," kata Jokowi.

Presiden Jokowi luncurkan Pandemic Fund.

Photo :
  • ANTARA/Genta Tenri Mawangi

"Karena kemudahan akses pembayaran akan memberikan dampak besar bagi ekonomi, khususnya sektor pariwisata, perdagangan, dan UMKM. Sehingga akan mendorong akselerasi pemulihan ekonomi yang lebih kuat dan inklusif," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya