Di Balik Layar KTT G20, Ada Menteri Jokowi yang Enggak Mandi

Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.
Sumber :
  • Instagram

VIVA Bisnis – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 telah resmi ditutup oleh Presiden Joko Widodo kemarin, Rabu, 16 November 2022. Di balik kesuksesan acara tersebut, terselip cerita unik di kalangan para menteri. Ada menteri yang mengaku kekurangan tidur dan ada pula menteri yang mengaku enggak mandi.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Hal itu terungkap dalam perbincangan seru antara Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Presiden Jokowi membuka KTT G20 Indonesia

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Momen itu diunggah di akun instagram resmi Menteri BUMN Erick Thohir, Kamis 17 November 2022. Terlihat dalam video, kedua menteri Jokowi itu berjalan berdampingan dan berbincang santai menuju lokasi kegiatan KTT.

"Bagaimana kesan dan pesan G20?" tanya Erick kepada Bahlil.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Luar biasa sekali. Indonesia jadi negara yang sekarang lagi disukai oleh hampir semua dunia, khususnya di bidang ekonomi dan investasi," jawab Bahlil.

Presiden Jokowi saat membuka KTT G20 Indonesia

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Sembari berjalan, Erick mengatakan, karena hal tersebut, dirinya dan Bahlil kurang memiliki waktu untuk tidur. Meskipun itu menurutnya tidak masalah demi bangsa dan negara.

"Kalau kita kurang tidur enggak apa-apa untuk bangsa dan negara. Apalagi mendampingi Pak Menteri BUMN yang setiap hari berpikir untuk bagaimana menaikkan laba BUMN," kata Bahlil.

Merespons hal itu, Erick kembali memuji kinerja yang sudah dilakukan Bahlil dalam KTT G20.

"Mantap. Dan bersama Menteri Investasi yang tiap hari berpikir bagaimana memasukkan uang ke Indonesia," ujar Erick.

Bahlil mengungkapkan, dalam acara KTT G20 itu dirinya dan Erick tidak mandi. Namun hal itu langsung dibantah oleh Erick Thohir.

"Menteri BUMN dan Menteri Investasi tidak mandi, coba lihat," kata Bahlil.

"Mandi, enak aja. Kurang tidur, kalau mandi, mandi lah," bantah Erick sambil tertawa.

Sembari berjalan Erick mencium pakaian yang dikenakan Bahlil dan mengatakan bahwa Bahlil mandi. Tapi hal ini langsung dibantah oleh Bahlil. "(Bau) parfum," ujarnya.

Sontak, unggahan Instagram Erick Thohir dibanjiri komentar oleh masyarakat maupun pejabat tanah air. Bahkan Bahlil juga membalas unggahan tersebut.

"Mandi tidak mandi yang penting wangi dan semangat ya Pak Menteri BUMN," balas Bahlil.

"Mandi parfum Pak?@bahlilahadalia," tulis @nirmaladewi_nd yang merupakan Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia.

"Yang satu kurang tidur, yang satunya lagi jarang mandi? Hahahaha," tulis @triawanmunaf mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya