Pastikan Aman, KAI Sempat Hentikan Operasional Sejumlah Kereta saat Gempa Guncang Cianjur

Ilustrasi kereta api melintas.
Sumber :
  • KAI

VIVA – PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan bahwa seluruh perjalanan kereta api (KA) di wilayah kerja Daop 1 Jakarta, saat ini dalam kondisi aman, lancar, terkendali, dan tidak ada gangguan operasional.

Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menjelaskan, hal itu terkait dengan peristiwa gempa yang terjadi di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat hari ini.

"Tidak ada dampak kejadian tersebut termasuk perjalanan KA Pangrango pada lintas Bogor-Sukabumi," kata Eva dalam keterangannya, Senin, 21 November 2022.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Dia mengatakan, pascaterjadinya gempa, sejumlah Kereta Api sempat diberhentikan sesaat dengan rentang waktu paling lama hingga 10 menit.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa

Photo :
  • VIVA/Willibrodus
Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

"Untuk pemeriksaan kondisi prasarana guna memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan KA," ujarnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan kondisi prasarana perkeretaapian seperti jalur rel, jembatan, persinyalan, listrik aliran dan sejumlah prasarana lainnya, terpantau dalam kondisi baik serta tidak mengalami kerusakan yang dapat mengganggu operasional KA. 

Seluruh petugas PT KAI Daop 1 Jakarta dipastikan juga akan selalu siaga, dalam mengantisipasi semua kemungkinan yang berkaitan dengan kejadian alam, salah satunya gempa. Pada titik rawan, petugas yang berjaga selalu melakukan pengawasan dan pemantauan berkala, untuk memastikan kondisi prasarana dalam kondisi baik. 

Koordinasi antara petugas penjaga daerah rawan dan semua jajaran operasional termasuk masinis, yang selalu mendapatkan pantauan terbaru dari Pusat Pengendali Kereta Api, juga terus dilakukan. 

Rumah warga rusak akibat gempa yang melanda Cianjur.

Photo :
  • Dok. BNPB.

"Daop 1 Jakarta menghimbau kepada pengguna jasa KA agar selalu mengikuti arahan petugas dilapangan jika sewaktu-waktu terjadi kondisi khusus," ujarnya.

Untuk informasi terkait perjalanan Kereta Api masyarakat dapat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya