BI Bakal Terbitkan Rupiah Digital, Simak Cara Dapatnya

Logo Bank Indonesia
Logo Bank Indonesia
Sumber :
  • VivaNews/ Nur Farida

VIVA Bisnis – Bank Indonesia (BI) berencana akan menerbitkan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau rupiah digital. Uang digital itu nantinya bisa diperoleh masyarakat melalui peritel atau retailer yang mendapatkan izin BI.

Kepala Grup Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Ryan Rizaldy mengatakan rupiah digital yang telah diterbitkan oleh BI akan didistribusikan ke pihak wholesale atau wholesaler. Di mana jumlah akan disesuaikan dengan permintaan dari wholesaler itu sendiri.

Adapun wholesaler yang dimaksud adalah lembaga bank maupun non bank yang melakukan pelayanan jasa sistem pembayaran. Rupiah digital nantinya ditukarkan BI dengan rekening giro milik wholesaler yang ada di BI.

"Lalu di rupiah digital yang ditukarkan ini, jadi sifatnya on demand saja, akan dicatat di dalam fungsi yang namanya khasanah digital rupiah. Dicatat di situ, ketika dia disirkulasikan, keluar dari BI, dia langsung hilang dari khasanah digital rupiah (KDR)," kata Ryan dalam Talkshow Rangkaian BIRAMA, Senin, 5 Desember 2022.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

Ryan menjelaskan, selanjutnya rupiah digital yang dimiliki wholesaler akan didistribusikan ke retailer yang sudah terdaftar dan memiliki izin dari BI. Setelahnya rupiah digital akan didistribusikan retailer kepada masyarakat luas.

Ryan menjelaskan, masyarakat dapat menukarkan uang kertas, logam, hingga uang yang ada di rekening ke dalam bentuk rupiah digital. Mata uang itu nantinya dapat digunakan untuk berbagai jenis transaksi mulai dari membeli mobil hingga berbelanja di metaverse.

Halaman Selanjutnya
img_title