Pemprov Sumut Gelar Mudik Gratis Nataru, Catat Tanggal Keberangkatannya

Edy Rahmayadi
Sumber :
  • B.S. Putra (Medan)/ VIVA

VIVA Bisnis – Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara akan menggelar mudik gratis Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Program ini, merupakan gagasan dari Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Program ini, bertujuan untuk membantu dan meringankan beban masyarakat akan pulang ke kampung halamannya untuk merayakan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga.

"Kita fokuskan program pak Gubernur dan program Pemprov Sumut, mudik gratis Nataru," sebut Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut, Yunus Pasodung, ST saat dikonfirmasi VIVA Bisnis, Rabu 7 Desember 2022.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Baca juga: Kontroversi KUHP Baru, Kurangi Minat Turis Asing dan Hancurkan Pariwisata RI

Yunus mengungkapkan mudik gratis Nataru ini, akan menyediakan 25 bus untuk 1.000 warga yang akan mudik ke kampung halaman dan diberangkatkan pada 22 Desember 2022.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

"Perkirakan 1.000 orang, ada sekitar 25 bus dengan kapasitas 40 seat. 25 kali 40 seat, jadi 1000 penumpang," kata Yunus.

Pelepasan mudik gratis ini, Yunus mengatakan akan dilepas langsung oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Kadishub Sumut, Supriyanto di depan Kantor Gubernur Sumut, di Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan.

"Dilepas langsung oleh bapak Gubernur. Bus kita kumpulkan di depan Kantor Gubernur Sumut di jalan utama," sebut Yunus.

Untuk rute mudik gratis Nataru, Kota Medan ke Kabupaten Tapanuli Utara, Kota Medan ke Kabupaten Samosir, Kota Medan ke Kabupaten Dairi, Kota Medan ke Kabupaten Mandailing Natal, Kota Medan ke Kabupaten Langkat.

Yunus menjelaskan Pemprov Sumut melalui Dishub Sumut hanya memfasilitasi mudik gratis Nataru saat berangkat saja. Untuk kembali ke Kota Medan, tidak.

"Kita mudiknya (pergi) aja, belum tentu dengan waktu bersamaan juga mereka kembali ke Medan," ujar Yunus.

Mudik gratis Pemprov Jatim.

Photo :
  • Nur Faishal / VIVA.co.id

Untuk lokasi pendaftaran mudik gratis ini, Yunus rencana akan digelar di Terminal Amplas, Terminal Pinang Baris, Kantor Dishub Sumut di Jalan Imam Bonjol, Kota Medan dan Plaza Medan Fair di Jalan Gatot Subroto, Kota Medan.

"Pendaftaran sudah saya rapat, belum final. Rencananya, pendaftaran di Terminal Amplas, Terminal Pinang Baris, kita juga akan mengambil di inti kota. Apakah di Kantor Dishub Sumut atau Plaza Medan Fair. Tapi, ini belum final," ucap Yunus.

Yunus mengatakan untuk pendaftaran hanya menggunakan KTP dan sasaran warga akan diberangkatkan mudik gratis seperti masyarakat umum hingga mahasiswa.

"Masyarakat siapa saja, yang ingin pulang kampung dan ingin mendapatkan bantuan dari Pemprov Sumut, silakan daftar saja," jelas Yunus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya