Sri Mulyani Beberkan Peran APBN Dalam Pemberdayaan Perempuan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA Bisnis – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, saat ini peran dari perempuan sudah mulai diakui dalam ekonomi. Sebab dari total pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) 64,5 persen diisi oleh perempuan.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

"Kalau kita bicara pelaku ekonomi terutama UMKM jumlahnya lebih dari 64 juta di Indonesia. Maka 30 juta UMKM atau 64,5 persen itu  perempuan pelakukunya," kata Sri Mulyani dalam Talkshow Hari Ibu 2022, Kamis, 22 Desember 2022.

Sri Mulyani mengatakan, dalam memberdayakan perempuan sebagai salah satu pilar perekonomian nasional negara hadir melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

Menkeu Sri Mulyani.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

"Negara hadir dan APBN hadir untuk memberdayakan perempuan maupun UMKM," jelasnya.

Sri Mulyani Ungkap Mood dan Fokus Para Pembuat Kebijakan Keuangan Global Lagi Begini

Adapun dalam hal ini kata dia, dari sisi UMKM banyak hal yang sudah dilakukan untuk memberikan dukungan yang nyata. Salah satunya melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Dalam memberikan dukungan kepada UMKM secara nyata, dari KUR yang nilainya bahkan mencapai Rp 370 triliun. Dengan bunga yang sangat rendah disubsidi oleh pemerintah," jelasnya.

Menurutnya, sebagian besar subsidi KUR dinikmati oleh pelaku UMKM yang dimiliki oleh perempuan.

ilustrasi wanita karir

Photo :
  • U-Report

Selain itu, dalam tujuan untuk terus mendukung dan memperkuat UMKM serta peran perempuan. Pemerintah dalam APBN sudah menerapkan budget tagging atau menandai anggaran-anggaran yang dikeluarkan dan digunakan oleh seluruh kementerian lembaga.

"Yang memperkuat atau memiliki dimensi penguatan gender yaitu cirinya memberikan peranan dan kesempatan bagi perempuan untuk berkontribusi," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya