BTPN dan SMBC Kucurkan Pembiayaan Hijau Rp 1,46 Triliun ke PLN

Infrastruktur listrik PLN
Sumber :
  • Dok. PLN

VIVA Bisnis – PT Bank BTPN Tbk dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) sepakat mengucurkan pembiayaan hijau US$93,75 juta atau Rp 1,46 triliun kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Songsong Era PLTN, BRIN Garap Riset Konversi Pembangkit Listrik Batu Bara Menjadi Nuklir

Head of Wholesale and Commercial Banking BTPN, Nathan Christianto menjelaskan, fasilitas tersebut merupakan bagian dari pinjaman sindikasi yang bernilai total US$750 juta, yang ditandatangani bersama oleh para kreditur dan PLN pada Jumat, 23 Desember 2022. 

Dalam penandatanganan tersebut, BTPN dan SMBC sama-sama berperan sebagai coordinating mandated lead arranger and bookrunner, serta green loan coordinator.

Demi Cari Solusi Percepatan Transisi Energi, MKI Mulai Jalin Kolaborasi

"Fasilitas pembiayaan hijau ini untuk mendukung aktivitas PLN, dalam upaya transisi energi menuju energi terbarukan," kata Nathan dalam keterangannya, Senin 26 Desember 2022.

Ilustrasi pembangunan PLTS.

Photo :
  • istimewa
6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Dia menambahkan, hal ini merupakan komitmen untuk menyalurkan pembiayaan berkelanjutan untuk kegiatan usaha berwawasan lingkungan. "Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan," ujarnya.

Nathan menjelaskan, BTPN telah mendesain produk pembiayaan hijau ini, salah satunya untuk nasabah korporasi yang mendukung keberlanjutan, termasuk melalui proyek energi terbarukan. "Agar kita secara bersama-sama mencapai emisi nol bersih," kata Nathan.

Di luar pinjaman sindikasi ini, Nathan memastikan bahwa BTPN juga telah menyalurkan pinjaman untuk kegiatan berwawasan lingkungan menurut definisi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebesar Rp 6,7 triliun per akhir September 2022. Jumlah tersebut naik 52 persen dari Rp 4,4 triliun, pada periode yang sama tahun lalu. 

Selain sektor energi terbarukan, lanjut Nathan, BTPN juga mendesain produk pembiayaan hijau untuk sektor transportasi ramah lingkungan, pengelolaan sumber daya alam hayati dan penggunaan lahan yang berkelanjutan, efisiensi energi, serta bangunan berwawasan lingkungan. 

Dia menjelaskan, insiatif Bank BTPN dalam menyalurkan pinjaman hijau berlandaskan pada dua hal, yaitu program SMBC “Roadmap Addressing Climate Change” dan POJK No. 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik.

"Kami berharap penyaluran pembiayaan hijau yang dilakukan Bank BTPN dapat mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang dicanangkan pemerintah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya