Indeks Saham Asia Picu Rupiah Menguat ke Rp 15.624 per Dolar AS

Uang dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Selasa pagi, 27 Desember 2022. Terpantau pukul 09.15 WIB rupiah menguat sebesar 8 poin atau 0,08 persen ke posisi Rp 15.624 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.632 per dolar AS.

Indonesia dan UEA Sepakat Tinggalkan Dolar AS Dalam Transaksi Bilateral

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.636 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan berbalik menguat hari ini. Hal itu seiring dengan pergerakan positif indeks saham Asia.

AirAsia Indonesia Bukukan Pendapatan Rp 6,62 Triliun pada Tahun 2023

"Pergerakan positif di indeks saham Asia yang mengindikasikan sentimen pasar terhadap aset berisiko meninggi," kata Ariston kepada VIVA Selasa, 27 Desember 2022.

Uang kertas rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Nilai Tukar Rupiah Melemah Bikin Harga Motor Yamaha Ikut Naik?

Ariston melanjutkan, pasar juga dimungkinkan menanggapi positif kabar China yang akan menghentikan kebijakan zero-Covid. Di mana hal itu bisa kembali menumbuhkan perekonomian terbesar kedua dunia.

Sementara dari dalam negeri Ariston mengatakan, dari kondisi fundamental RI yang lebih positif dibandingkan negara lain dimungkinkan akan menopang penguatan mata uang rupiah.

"Di sisi lain, pasar masih mewaspadai dampak buruk kebijakan suku bunga tinggi yang bisa memperlambat pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Adapun potensi penguatan rupiah terhadap dolar AS hari ini di kisaran Rp 15.580. Sedangkan resisten ke kisaran Rp 15.640.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya