Sri Mulyani Salurkan APBN Rp 133,3 Triliun ke PLN Sepanjang 2022, Ini Peruntukannya

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA Bisnis – Pemerintah telah menyalurkan Rp 133,3 triliun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022 kepada PT PLN (Persero). Hal itu diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. 

Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Sri Mulyani Pastikan Kesejahteraan Rakyat Terjaga

Sri mengatakan, alokasi itu digunakan untuk subsidi listrik ke masyarakat hingga menyambung listrik ke daerah terpencil di Indonesia.

"Tahukan kamu APBN 2022 #UangKita berperan penting menerangi penjuru nusantara. Anggaran Rp 133,3 triliun dari APBN dibayarkan kepada @pln_id PLN (Perusahaan Listrik Negara)," tulis Sri Mulyani lewat Instagramnya @smindrawati Rabu, 11 Januari 2023.

5 Cara Jitu Renovasi Rumah Tanpa Bikin Dompet Kering

Pembangunan infrastruktur listrik PLN.

Photo :
  • Dok. PLN

Bendahara Negara merinci, total alokasi Rp 133,3 triliun itu diantaranya Rp 56,2 triliun digunakan untuk subsidi listrik 450 VA atau untuk keluarga tidak mampu.

Lewati Triwulan I 2024, APBN Terus Jadi Shock Absorber Perekonomian Nasional

Kemudian, Rp 72,1 triliun diberikan untuk subsidi listrik kelompok 900 VA ke atas. Serta Rp 5 triliun digunakan sebagai Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk menyambung listrik di daerah terluar, dan kelompok termiskin.

"Pajak anda #UangKita, membantu yang tidak mampu dan membangun akses pemerataan listrik ke daerah 3T (Terdepan, Tertinggal dan Terluar) di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya.

Selain itu lanjut Sri Mulyani, APBN juga digunakan untuk mendukung pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan menurunkan emisi karbon, serta mengatasi dampak perubahan iklim (climate change).

"Sesuai komitmen Indonesia pada 2060, Indonesia menjadi Net Zero Carbon Emission. APBN Pajak anda telah dan terus membangun Indonesia secara berkeadilan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya