5 Cara Jitu Renovasi Rumah Tanpa Bikin Dompet Kering

Ilustrasi renovasi rumah
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ketika bicara tentang renovasi rumah, hal utama yang ada di pikiran adalah soal budget atau anggaran. Beberapa beranggapan bahwa renovasi rumah membutuhkan biaya yang besar.

Prabowo Siapkan Makan Siang-Susu Gratis, Bursah Zanubi: Program Pembangunan Manusia RI

Namun, pada kenyataannya ada hal yang dapat memangkas anggaran renovasi rumah. Berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan agar dapat merenovasi rumah dengan budget yang ekonomis.

1. Konsep minimalis

Rumah Modular Jadi Solusi Tekan Konsumsi Energi pada Bangunan, Simak Penjelasannya

Pertama yang harus dilakukan ketika ingin melakukan renovasi rumah adalah konsep, karena hal ini akan mempengaruhi anggaran. Dengan konsep yang minimalis, kamu lebih hemat dan budget-pun tidak membengkak.

Mendagri Ultimatum Kepala Daerah Segera Salurkan Anggaran Pilkada 2024

2. Gunakan barang bekas yang masih layak pakai

Renovasi tidak harus memakai barang-barang yang baru. Kamu dapat mengandalkan bahan-bahan bekas sebagai material reuse, seperti kayu, bongkar genteng, bekas kusen jendela dan pintu. Produk-produk bekas yang biasanya dijual dengan harga miring, tentu akan meminimalisir budget-mu.

3. Cerdas memilih toko

Dalam membeli bahan bangunan, teliti dalam memilih toko bangunan merupakan kuncinya, carilah beberapa toko alternatif dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa mendapatkannya di toko offline maupun online. Cobalah bandingkan harga diskon dari beberapa toko untuk mendapatkan harga terbaik agar bisa menghemat anggaran.

4. Lakukan sendiri untuk pekerjaan renovasi sederhana

Dalam renovasi rumah, salah satu yang paling menguras kantong paling besar adalah jasa tukang. Untuk pekerjaan-pekerjaan yang sederhana, seperti mengebor dan mengecat dinding, dapat kamu lakukan sendiri. Oleh sebab itu, siapkan beberapa perkakas yang dapat kamu andalkan di rumah.

Renovasi rumah.

Photo :
  • Halomoney

5. Do it yourself (DIY) hiasan rumah atau interior

Untuk interior, kamu dapat mengerjakannya sendiri atau do it yourself (DIY) dengan mencari beberapa referensi di website. Sebelum mengerjakannya, kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti lem tembak, amplas, dan kuas roller agar pada saat pengerjaan, bisa dilakukan dengan mudah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya