Menko Airlangga Soroti Dana Sektor Swasta yang Mengendap di Perbankan

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyoroti persoalan dana sektor swasta yang masih mengendap di perbankan. Dia meminta agar dana itu untuk segera direalisasikan.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

"Nah yang diperhatikan Pemerintah sektor swasta masih menyimpan dananya di perbankan. Ini yang perlu didorong agar net saving ini bisa direalisasikan dalam bentuk capex," kata Airlangga dalam keterangan pers terkait rapat terbatas Senin, 30 Januari 2023.

Ilustrasi aktivitas perbankan

Photo :
  • U-Report
Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Airlangga mengatakan, Pemerintah juga memonitor terkait dengan beberapa korporasi yang melakukan pembayaran atau manajemen utang.

"Tentunya kita berharap dengan manajemen utang sudah lebih baik capex akan didorong," jelasnya.

Airlangga Respons PDIP: Jokowi-Gibran Masuk Keluarga Besar Golkar, Tinggal Formalitasnya Saja

Airlangga menjelaskan, beberapa sektor tercatat tumbuh positif. Seperti sektor energi, tambang, otomotif, perdagangan, kesehatan, manufaktur, dan konsumsi. "Dan ini pemerintah berharap bahwa ini terus didorong kembali agar investasi terus berjalan," imbuhnya.

Airlangga melanjutkan terkait ekonomi dunia yang saat ini diperkirakan akan terjadi penurunan. Bahkan beberapa negara diperkirakan akan masuk ke dalam jurang resesi.

Sementara itu, terkait laju inflasi, Airlangga mengatakan, saat ini sudah mulai terkendali. Hal itu terlihat dari harga energi yang sudah mulai turun.

"Dilihat harga energi tidak naik sesuai perkiraan awal, karena iklim yang lebih panas dan perkiraan harga energi dan kebijakan net zero COVID di China sudah mulai direvisi," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya