Menteri Basuki: Pembangunan Venue F1 Powerboat Danau Toba Sudah 99,97 Persen

Pembangunan venue F1 Powerboat Danau Toba sudah 99,97 persen.
Sumber :
  • Dok. PUPR

VIVA Bisnis – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan venue Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H2O) atau F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, yang akan digelar pada 24-26 Februari 2023 mendatang.

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini pekerjaan fisik venue acara secara keseluruhan sudah mencapai 99,97 persen. Menurutnya, dalam konteks pariwisata, hal pertama yang harus diperbaiki di kawasan tersebut adalah soal infrastruktur, amenities atau fasilitas dan event, baru kemudian promosi secara besar-besaran.

"Itu yang harus kita jaga betul. Prinsip penataan kawasan wisata ini adalah mengubah wajah kawasan dengan cepat, terpadu, dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional," kata Basuki dalam keterangannya, Senin, 20 Februari 2023.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Pembangunan venue F1 Powerboat Danau Toba sudah 99,97 persen.

Photo :
  • Dok. PUPR

Pembangunan venue F1H2O mulai dikerjakan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara, Ditjen Cipta Karya, sejak 30 November 2022 dan sesuai kontrak harus selesai pada 21 Februari 2023.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Sampai 18 Februari 2023, Basuki memastikan bahwa progres pekerjaan finishing menyisakan pembersihan area, perapian finishing atap Sopo Batak, dan pembersihan fasilitas toilet.

Pembangunan venue F1H2O yang berada di Kecamatan Balige ini, dilakukan dengan anggaran APBN tahun 2022-2023 senilai Rp 35,9 miliar. Pelaksana pekerjaan oleh kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk, meliputi pekerjaan dermaga dan dry paddock yang didukung dengan pondasi pancang.

"Selanjutnya, pembangunan 2 unit toilet umum, pekerjaan artwork dan storytelling, pembangunan Sopo Batak, pagar keliling, saluran air, dan lansekap," ujarnya.

Diketahui, Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai salah satu dari 5 kawasan Destinasti Pariwisata Super Prioritas.

Dukungan infrastruktur dilakukan Kementerian PUPR secara terpadu untuk pengembangan DPSP Danau Toba melalui penataan kawasan, jalan dan jembatan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk (Sarana Hunian Pariwisata).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya