Jokowi Kunjungi Kawasan Industri Hijau Terbesar di Dunia

Presiden Jokowi kunjungan kerja ke Tarakan.
Sumber :
  • tvOne.

VIVA Bisnis – Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Pangkalan TNI AU Anang Busra, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), pada Selasa, 28 Februari 2023, sekitar pukul 11.00 WITA. dalam kunjungan tersebut, Jokowi menyambangi proyek kawasan industri hijau terbesar di dunia. 

Jokowi Bakal Siapkan Program Unggulan Prabowo-Gibran Masuk dalam RAPBN 2025

Setibanya di Tarakan, Jokowi kemudian langsung menuju Kabupaten Bulungan dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Di Kabupaten Bulungan, Presiden akan meninjau Kawasan Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) terbesar di dunia.

Usai peninjauan, Presiden akan kembali ke Kota Tarakan, menuju Pasar Tenguyun, untuk menyerahkan bantuan modal kerja dan bantuan tunai langsung kepada para pedagang.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Presiden Jokowi sambutan di acara Muktamar XVIII PP Pemuda Muhammadiyah

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Setelahnya, Presiden dan Ibu Iriana akan melanjutkan perjalanan menuju Kampung Nelayan Tanjung Pasir, Kota Tarakan. Di sana, Presiden dan Ibu Iriana akan bertemu dan berdialog dengan sejumlah nelayan dan petani yang ada di sekitar wilayah tersebut.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

Sebelumnya Jokowi mengatakan bahwa selain hilirisasi, optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau akan terus ditingkatkan. Persemaian dan rehabilitasi hutan tropis dan hutan mangrove, serta rehabilitasi habitat laut, akan terus dilakukan, dan akan menjadi potensi besar penyerap karbon.

“Energi bersih dari panas matahari, panas bumi, angin, ombak laut, dan energi bio, akan menarik industrialisasi penghasil produk-produk rendah emisi," kata Jokowi.

Presiden Jokowi dalam peresmian pabrik NPK PT PIM di Aceh Utara

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Karena itu mantan Gubernur DKI Jakarta itu berambisi menjadikan kawasan industri hijau di Kalimantan Utara akan menjadi Green Industrial Park terbesar di dunia.

“Saya optimistis, kita akan menjadi penghasil produk hijau yang kompetitif di perdagangan internasional," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya