Catat! Mulai 7 Maret 2023, Beli Solar Subsidi di Sumut Pakai QR Code

Booth pendaftaran Subsidi Tepat di SPBU di Jalan SM Raja, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan.
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra (Medan)

VIVA Bisnis – Pada tanggal 7 Maret 2023, PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, mulai memberlakukan program subsidi tepat di Sumatera Utara (Sumut). Kebijakan itu berlaku Untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dengan jenis solar.

Pakar Sebut Fakta Mengejutkan soal BBM Pertalite

Kebijakan tersebut mengacu pada SK BPH Migas No. T/928/MG.05/BPH/2022 tentang pelaksanaan uji coba pendistribusian JBT dengan QR Code dan SK Kepala BPH Migas No 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020 mengenai pengendalian Jenis Bahan Bakar Tertentu Solar Subsidi.

Dengan itu, masyarakat memiliki kendaraan menggunakan solar bersubsidi di Sumut diwajibkan menggunakan Quick Response Code atau QR Code subsidi tepat. Bila tidak terdaftar, pihak SPBU tidak akan melayani konsumen tersebut.

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU

"Untuk wilayah Sumut per 7 Maret mulai diterapkan pembelian BBM solar menggunakan QR Code," ucap Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, kepada wartawan di depan booth pendaftaran subsidi tepat di SPBU, di Jalan SM Raja, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan, Rabu 1 Maret 2023.

Solar subsidi.

Photo :
  • Denden Ahdani.
Sean Gelael dan Tim WRT 31 Paling Terdepan, Raih Posisi 1 di Imola

Satria menghimbau bagi warga Sumut yang kendaraannya pengguna BBM jenis solar diharapkan dalam beberapa hari ke depan segera mendaftarkan kendaraannya agar bisa menggunakan solar.

"Jika mengalami kebingungan saat mendaftar, masyarakat bisa mengunjungi langsung seluruh SPBU di Sumatera Utara untuk melakukan pendaftaran," ujr Satria.

Satria mengungkapkan bahwa kesadaran masyarakat ikut melakukan pendaftaran subsidi tepat meningkatkan secara signifikan. Pertamina mendirikan 300 booth pendaftaran di Sumut.

Bila tidak terdaftar, untuk segera melakukan pendaftaran dan akan dibantu petugas posko atau bisa langsung melalui website subsiditepat.mypertamina.id.

Jika Belum Punya Barcode, Pembelian Dibatasi

Lalu bagaimana dengan konsumen yang belum memiliki barcode mendapatkan BBM Solar Subsidi pada 7 Maret 2023?. Pihak Pertamina tetap melayani, namun pembelian maksimal hanya 40 liter.

Satria juga mengungkapkan berdasarkan catatan pihak Pertamina, sejak 25 Februari 2023 hingga 1 Maret 2023. Sebanyak 12 ribu kendaraan bermotor di Sumatera Utara, sudah mendaftar subsidi tepat.

"Dari kita mulai buka pendaftaran dan sosialisasi, tanggal 25 Februari 2023 sampai sekarang (kemarin), Khusus solar sudah 12 ribu kendaraan mendaftar subsidi tepat, biosolar," kata Satria.

Dari ratusan booth pendaftaran subsidi tepat itu, Satria mengungkapkan bertujuan untuk memberikan kemudahan masyarakat, untuk mendaftar subsidi tepat. Cukup mendatangi SPBU terdekat dan sekitar.

Sosialisasi subsidi tepat ini, Satria mengatakan sudah dilakukan sejak tahun 2022, lalu. Sehingga antusias masyarakat di Sumut cukup baik berpartisipasi dalam program Pertamina ini.

"Dari sosialisasi tahun lalu, 258 ribu kendaraan (mendaftar. Kita lihat, langkah siginfikan di Sumut. Bukan kita saja, tapi seluruh Indonesia," kata Satria.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya