Bibit PHK Puluhan Karyawan, Manajemen Buka Suara

Ilustrasi sektor keuangan RI.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA Bisnis – Kabar kurang mengenakkan kembali berhembus dari sektor digital di Tanah Air. Salah satu perusahaan teknologi finansial, yakni PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id), dikabarkan telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap puluhan karyawannya.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Saat dikonfirmasi mengenai kabar PHK massal tersebut, PR & Corporate Communication Lead Bibit.id, William mengatakan, keputusan itu dilakukan sebagai hasil dari upaya evaluasi kinerja yang dilakukan oleh pihaknya secara rutin. 

"Dapat kami sampaikan bahwa perusahaan secara kontinu melakukan evaluasi/performance review terhadap anggota tim, untuk memastikan agar kami sebagai perusahaan dapat mencapai tujuan-tujuan strategis yang telah ditetapkan," kata William saat dihubungi VIVA, Kamis, 2 Maret 2023.

Menang di Laga Perdana Proliga, Jakarta LavAni Akui Masih Punya Kekurangan

Ilustrasi perusahaan rintisan atau startup.

Photo :
  • Freepik

Dia menambahkan, langkah ini merupakan proses yang secara reguler terjadi di perusahaan-perusahaan pada umumnya, termasuk di PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id). Meski demikian, keputusan PHK ini diakuinya sama sekali bukan dikarenakan adanya masalah finansial di tubuh perusahaan.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

"Dapat kami sampaikan juga bahwa perusahaan berada dalam kondisi yang sehat secara finansial, dan seluruh aktivitas bisnis tetap berjalan seperti biasa," ujar William.

Dalam melakukan aktivitas bisnis dan seluruh kegiatan operasional, William memastikan bahwa sebagai perusahaan yang berizin dan diawasi oleh OJK, Bibit.id akan senantiasa mematuhi segala peraturan perundangan yang berlaku.

Ilustrasi PHK.

Photo :
  • VIVA.

"Kami patuh dan tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia," ujarnya.

Diketahui, kabar PHK Bibit.id tersebut pertama kali ramai dari unggahan akun Twitter @ecommurz, sebagai akun komunitas pekerja sektor teknologi. Dalam cuitannya, akun tersebut mengabarkan bahwa Bibit melakukan PHK massal secara diam-diam di divisi marketing dan HR.

"30-40 orang. Satu tim kreatif dibubarkan. Semua gaji dibayar lunas sampai akhir bulan, THR juga," sebagaimana diunggah akun Twitter @ecommurz, dikutip Kamis 2 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya