Menguat Pagi Ini, Rupiah Dibayangi Kebijakan Suku Bunga AS

Rupiah melemah terhadap dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Senin pagi, 6 Maret 2023. Terpantau pukul 09.17 WIB rupiah menguat sebesar 6 poin atau 0,02 persen ke posisi Rp 15.305 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.311 per dolar AS.

Sri Mulyani Ungkap Mood dan Fokus Para Pembuat Kebijakan Keuangan Global Lagi Begini

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.306 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah akan berpotensi melemah terhadap dolar AS pada perdagangan hari ini. Hal itu disebabkan oleh ekspektasi kenaikan suku bunga acuan AS.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Bule di Bali antusias tukar uangnya ke rupiah baru.

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh (Bali)

"Pergerakan rupiah vs dolar AS masih dibayangi oleh ekspektasi kenaikan suku bunga acuan yang agresif," ujar Ariston kepada VIVA Senin, 6 Maret 2023.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Ariston mengatakan, pada pekan ini beberapa event dan data ekonomi AS telah ditunggu pelaku pasar untuk menentukan persepsi pasar terhadap kebijakan the Fed pada pekan depan.

Uang kertas rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Yaitu dengar pendapat antara Gubernur The Fed Jerome Powell di Kongres AS di hari Selasa dan Rabu malam, serta rilis data tenaga kerja AS bulan Februari yang dimulai di hari Rabu hingga Jumat," jelasnya.

Ariston menjelaskan, meskipun pada perdagangan Jumat kemarin, dolar bergerak melemah terhadap mata uang utama dunia. Namun hingga saat ini, ekspektasi terhadap suku bunga acuan AS masih memberikan tekanan terhadap rupiah dan diperkirakan akan berlanjut hari ini.

"Rupiah berpotensi melemah ke kisaran Rp 15.330, dengan support di kisaran Rp 15.280," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya