Istana Panggil Buruh Angkasa Pura yang Di-PHK

Andi Arief.
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Menyusul perintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief memanggil karyawan PT Angkasa Pura I yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dimutasi. Mereka dipanggil hari ini, Kamis 17 Juni 2010, untuk dimintai keterangan.

“Menurut karyawan, awalnya mereka menuntut agar perusahaan memberikan tunjangan hari tua atau dana pensiun, namun lantaran direksi menolak, dua tahun lalu mereka menggelar pemogokan," kata Yanno Nunuhitu, Liaison Officer Staf Khusus Presiden Andi Arief, secara tertulis ke VIVAnews, Rabu 16 Juni 2010.

"Menyusul pemogokan itu, aktivis-aktivis serikat pekerja ditindas, dipecat, dikriminalisasi, atau dimutasi. Proses pembelaan dan perundingan yang telah dilakukan selama dua tahun belum bisa melunakkan ego direksi,” kata Yanno.

Dalam waktu dekat, Staf Khusus Presiden juga memanggil Direksi PT AP I dan Direktur Jenderal Perhubungan Udara untuk didengar keterangannya. Keterangan ini perlu karena Amnesty International telah meminta Presiden Amerika Serikat Barack Obama membicarakan kasus PHK ini dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Kami minta direksi menghormati perundingan yang masih berlangsung. Jangan sampai karena soal Angkasa Pura, seluruh anak bangsa menanggung malu di dunia internasional. Kami tak mau membiarkan Obama membicarakan isu ini,” katanya.

Kasus pekerja di Angkasa Pura I ini sudah pernah dilaporkan Ketua Serikat Buruh PT Angkasa Pura I Itje Julinar ke Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Metro Jaya pada 14 Mei 2008. Mereka melaporkan skorsing dan mutasi atas karyawan yang melakukan mogok kerja.

Mei 2008, karyawan Angkasa Pura I di berbagai bandara se-Indonesia mogok massal menuntut tunjangan dan cuti yang tak kunjung disepakati dalam Perjanjian Kerja Bersama. Mogok ini berbuntut skorsing dan mutasi.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua
Menu di restoran Markette.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Dalam dunia kuliner, gourmet adalah tentang memanjakan lidah dengan keunikan rasa. Gourmet merupakan makanan yang disiapkan dan dihidangkan dengan tingkat keahlian tinggi

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024