Jadi Komisaris Bank Mandiri, Total Penghasilan Zainudin Amali Bikin Melongo

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali di Istana Presiden Jakarta
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Bisnis – Bank Mandiri menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Selasa, 14 Maret 2023. Pemegang saham sepakat mengangkat mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, sebagai Komisaris Independen.

Hadirkan Solusi Transaksi Internasional, Bank Mandiri Kenalkan Keandalan Livin’ di London

Hal ini sontak menjadi perhatian publik, karena Zainudin sebelumnya telah mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Menpora dan berkomitmen untuk fokus sebagai Wakil Ketua Umum PSSI mendampingi Erick Thohir, Ketua Umum PSSI yang juga merupakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Namun, sebagai Komisaris Independen dari salah satu bank pelat merah terbesar di Tanah Air, berapa kisaran gaji atau total pendapatan yang bakal diterima Zainudin Amali per bulannya?

Tiba di Paris, Timnas Indonesia U-23 Geber Persiapan Hadapi Guinea

Eks Menpora Zainudin Amali

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

Penetapan besaran penghasilan komisaris BUMN tercantum dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-12/MBU/11/2020 tentang Perubahan Kelima Atas Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-04/MBU/2014 tentang Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas BUMN.

Erick Thohir: Generasi Emas Sepakbola Indonesia Telah Lahir

Berdasarkan data yang dihimpun, diketahui bahwa pada tahun 2021 lalu Bank Mandiri sempat melaporkan total anggaran yang dikeluarkan untuk pembayaran gaji, tunjangan, serta bonus bagi para dewan direksi dan komisaris perusahaan, mencapai hingga Rp 740 miliar lebih. Selanjutnya, untuk komite audit dan jajaran Vice President Bank Mandiri, total gaji, tunjangan, bonus, dan insentif jumbonya tercatat mencapai lebih dari Rp 636 miliar di tahun 2021.

Sementara, total pendapatan yang diperoleh dewan komisaris tercatat naik dari tahun 2020, namun pendapatan direksi perusahaan justru malah turun. Untuk direksi perusahaan, Bank Mandiri harus merogoh kocek sebesar Rp 214,79 miliar untuk gaji dan tunjangan di tahun 2021, ditambah Rp 313,38 miliar dalam bentuk bonus lainnya (tantiem).

Penghasilan Rata-rata Komisaris Bank Mandiri Capai Rp 1,53 Miliar per Bulan

RUPST Bank Mandiri.

Photo :
  • Dok. Bank Mandiri

Kemudian untuk Dewan Komisaris Bank Mandiri, tercatat memperoleh gaji dan tunjangan sebesar Rp 73,44 miliar, ditambah tantiem sebesar Rp 110,81 miliar.

Dengan demikian, jika pada tahun 2021 Bank Mandiri tercatat memiliki 10 komisaris dan 12 direktur, maka diperkirakan bahwa total penghasilan rata-rata untuk seorang Komisaris Bank Mandiri bisa mencapai sekitar Rp 1,53 miliar per bulan. Sementara, rata-rata penghasilan direktur Bank Mandiri diperkirakan mencapai sekitar Rp 3,67 miliar per bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya