PGN Lakukan First Welding Infrastruktur Pipa Gas Bumi ke FajarPaper

First Welding pipa gas bumi PGN ke FajarPaper.
First Welding pipa gas bumi PGN ke FajarPaper.
Sumber :
  • Dok. PGN.

VIVA Bisnis – PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina melakukan first welding (pengelasan pertama) pembangunan infrastruktur pipa gas bumi untuk PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FSW) atau FajarPaper. Pembangunan infrastruktur tersebut dibangun untuk keamanan suplai gas bumi serta penyediaan energi yang ramah lingkungan bagi FSW.

FSW telah menyampaikan kebutuhan gas bumi yaitu sebesar 11,67 sampai dengan 17,5 Billion British Thermal Unit per Day (BBTUD). Saat ini, PGN telah melayani sekitar 240 industri di wilayah Bekasi dengan volume penyerapan gas bumi kurang lebih 71 BBTUD. Kebutuhan gas bumi yang cukup besar, menjadikan FSW sebagai salah satu pelanggan dengan penyerapan gas bumi terbesar di Bekasi.

“FSW membutuhkan kepastian pasokan untuk keberlanjutan operasional, seiring dengan meningkatkan produksi. Untuk itu kami upayakan dalam pemenuhan gas bumi untuk FSW atau FajarPaper ini, baik untuk ad-hoc maupun long-term melalui pembangunan infrastruktur pipa menuju pabrik produksi FSW,” ungkap General Manager Sales and Operation Region (SOR) II PGN, Sonny Rahmawan Abdi dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu, 22 Maret 2023.

Pekerja PGN (ilustrasi).

Pekerja PGN (ilustrasi).

Photo :
  • PGN

Sonny melanjutkan, FSW memiliki visi untuk menjadi perusahaan yang menghasilkan kertas berskala dunia menggunakan proses yang bertanggung jawab. Oleh karena itu, PGN juga ingin menyamakan visi dengan FSW untuk melaksanakan proses konstruksi pipa ini dengan penuh tanggung jawab.

“Dengan volume kebutuhan gas yang cukup besar, proses komersialisasi sudah dilaksanakan dan hari ini dilaksanakan first welding konstruksi pipa kurang lebih sepanjang 2 KM dengan diameter 12 inchi. FSW juga menjadi partner yang strategis bagi PGN, komitmen yang bertanggung jawab terhadap lingkungan bersama kami. Aspek safety tentu kami jaga secara bertanggung jawab sampai saat gas in nanti,” ujar Sonny.

Dalam pembangunan pipa menuju FSW, PGN menggandeng Anak Perusahaan yakni PT PGAS Solution. “Target kami adalah zero accident. Kami berupaya optimum agar pembangunan pipa di FSW dapat berjalan on time, on budget, dan on quality. Ekspektasi waktu gas in, diharapkan tidak terkendala,” ujar Direktur Teknik & Pengembangan PGN, Lebinner Sinaga.

Halaman Selanjutnya
img_title