Harga Daging Sapi Segar Diproyeksi Tembus Rp 190 Per Kg Jelang Lebaran

Pedagang daging sapi di Pasar Tradisional Simpang Limun, Kota Medan.
Pedagang daging sapi di Pasar Tradisional Simpang Limun, Kota Medan.
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra (Medan)

VIVA Bisnis – Harga sejumlah komoditas pangan terus meroket saat ini, salah satunya daging sapi segar. Di pasar tradisional Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) harganya menembus Rp170.000 per kilogram dari sebelumnya hanya Rp160.000 per kg jelang bulan Ramadhan pada Rabu 22 Maret kemarin.

"Ada kenaikan jelang puasa ini jadi Rp170 ribu per kilogram, sebelumnya Rp160 ribu ada kenaikan Rp10 ribu. Kalau daging khas seperti tenderloin itu sudah Rp180 ribu per kilogram," kata seorang pedagang daging di Pasar Mega Legenda Batam, Rizal, di Batam, dikutip Kamis, 23 Maret 2023.

Ia menyebutkan kenaikan harga daging sapi segar sudah berlangsung sejak 2 hari lalu. Hingga saat ini daya beli masyarakat mengalami lonjakan dan diperkirakan akan terjadi hingga hari raya Idul Fitri.

Pedagang daging sapi di Pasar.

Pedagang daging sapi di Pasar.

Photo :
  • tvOne/Azizi Erfan.

Rizal mengatakan, pada tahun ini pasokan sapi di Batam sudah mulai terpenuhi, karena pengendalian PMK terhadap hewan ternak sudah terkendali di daerah setempat.

"Tentang PMK saya rasa sudah selesai, karena sapi sudah bisa masuk. Berarti sudah ada kelonggaran seperti itu. Dibanding tahun lalu sepi, tidak ada sapi, stok kosong. Tahun lalu itu tidak pemasok sapi," kata dia.

Untuk memenuhi pasokan daging sapi segar, ia mengambil dari kawasan peternakan sapi di Temiang Batam yang juga dilengkapi dengan proses pemotongan.

Halaman Selanjutnya
img_title