Genjot Transaksi UMKM RI di Luar Negeri, RemitPro Gandeng Volopay

salah satu produk UMKM hasil binaan SIG di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVA/Anarani Kifaya

VIVA Bisnis – Platform pengiriman uang berbasis teknologi RemitPro, mengumumkan kolaborasi terbarunya dengan Volopay, startup fintech pengelolaan transaksi keuangan. Kerja sama ini dilakukan guna menjangkau pasar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia.

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Kerja sama ini dihadirkan sebagai bentuk komitmen RemitPro dalam menyajikan layanan pengiriman uang ke luar negeri yang mudah dan aman terkhusus bagi para pelaku UMKM di Indonesia. RemitPro yang merupakan salah satu perusahaan afiliasi dari Digiasia Bios, memiliki misi yang sama dalam memperluas edukasi dan literasi keuangan masyarakat guna mendorong terciptanya digitalisasi ekonomi ke seluruh lapisan.

Direktur Utama RemitPro Arman Bhariadi menjabarkan, upaya perusahaan menggenjot pembiayaan UMKM salah satunya merujuk pada data dari Pemerintah di akhir tahun 2022 lalu. Yang, menyebutkan bahwa sektor UMKM masih menjadi tulang punggung di masa pemulihan perekonomian saat ini, sehingga perlu adanya sinergi antar perusahaan guna merealisasikan digitalisasi ekonomi yang berkesinambungan.

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

RemitPro.

Photo :
  • Dok. RemitPro

“Melihat besarnya pasar UMKM yang menjadi fokus pemerintah, RemitPro dan Volopay akan secara bersama-sama memberikan dukungan kemudahan dalam mengakses pengiriman uang ke luar negeri kepada pengguna jasa khususnya UMKM Indonesia dan juga kepada mereka yang telah bergabung dalam ekosistem kami hingga saat ini,” ungkap Arman dikutip dari keterangannya, Senin, 3 April 2023.

Baru Lunas di Usia 45 Tahun, Meisya Siregar Ingatkan Gen Z Soal Rumah KPR

Dalam kerja sama ini RemitPro hadir sebagai penyedia layanan pengiriman uang. Sementara Volopay akan mendukung dengan cara memberikan referensi kepada para pengguna layanannya yang memiliki kebutuhan transfer dana ke luar negeri untuk menggunakan layanan RemitPro.

Arman juga menyebutkan bahwa Volopay akan membantu RemitPro mengumpulkan data, informasi serta dokumen yang dibutuhkan untuk proses transfer dana yang akan dilakukan oleh Remitpro. Xehingga proses transaksi yang dilakukan RemitPro akan menjadi lebih mudah, cepat dan aman.

Dukungan sistem layanan pengiriman uang dari RemitPro ini juga dapat membantu pengguna setia RemitPro yang direferensikan oleh Volopay dalam melakukan pengiriman uang ke beberapa negara tujuan utama untuk bisnis, seperti Amerika Serikat, India, Singapore, Taiwan, Malaysia, China, dan Hong Kong.

Ilustrasi transaksi di dompet digital atau e-wallet.

Photo :
  • https://www.theasianbanker.com/

Dari kerja sama ini juga, RemitPro yang memfasilitasi proses kiriman uangnya, berfokus pada transaksi bisnis yang dilakukan oleh para pelaku UMKM Indonesia. Arman mengatakan layanan ini akan berfokus pada transaksi pembayaran tagihan atas pembelian barang atau jasa di luar negeri, pembayaran gaji, serta pembayaran lainnya yang berkaitan dengan pemenuhan kewajiban atas perjanjian antara pengirim dan penerima dana.

“Kami sepakat bahwa selain untuk mendorong digitalisasi perekonomian pada sektor UMKM, kerja sama ini diharapkan dapat memperluas jaringan sistem RemitPro serta kemudahan proses pengiriman uang bagi pengguna jasa layanan pengiriman uang di Indonesia di mana Volopay membantu dengan cara merekomendasikan layanan kami kepada pengguna jasa tersebut,” tutup Arman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya